Jakarta (ANTARA News) - Peran yang dijalankan jajaran Kementerian Agama bukanlah bersifat pinggiran, karena itu kualitas pejabat dan stafnya tidak boleh sembarangan, kata Menteri Agama Suryadharma Ali.

Untuk itu, promosi jabatan harus dijalankan secara selektif dan objektif. Tugas kementerian itu membutuhkan pejabat dan staf yang memenuhi standar, mempunyai pikian cemerlang dan wawasan luas dan memiliki prespektif kemasyarakatan, kata menteri pada acara pelantikan pejabat eselon dua di lingkungan kementerian itu di Jakarta, Senin sore.

Ia mengatakan, penyakit birokrasi harus dihindari karena tak membuat dinamis, salah menerapkan kebijakan dan lamban bergerak. Karena itu kecenderungan untuk `mentekniskan masalah yang prinsip, dan memprinsipkan masalah yang teknis tidak boleh dibiarkan.

"Saya harap hal semacam ini tak boleh dibiarkan," harapnya.

Pada kesempatan itu ia mengemukakan perihal belum sinkronnya struktur organisasi vertikal Kementerian Agama Pusat dan Daerah, yang selama ini dikeluhkan dan menimbulkan persoalan teknis dalam pelaksanaan anggaran dan kegiatan di daerah.

"Saya harapkan Sekretaris Jenderal untuk segera memfinalkan pembahasan struktur organisasi vertikal Kementerian Agama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sehingga dapat ditetapkan pada 2012," pinta Menag.

Ia juga minta kepada para Kakanwil yang dilantik agar melakukan perbaikan kinerja di daerahnya. Perbaikan dan peningkatan yang dilakukan di pusat tak boleh mengendur di daerah. Demikian pula tata kelola organissi yang terkait dengan pelayanan aparatur harus memperhatikan pencapaian sasaran dan mutu, disamping penyerapan anggaran.

Para pejabat yang dilantik Menag adalah Direktur Pengelolaan Dana Haji Drs H Syariful Mahya Bandar MAP menggantikan Drs H Ahmad Djunaedi MBA yang memasuki masa pensiun. Selanjutnya Drs H Ibnu Sa`dan MPd sebagai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh menggantikan Drs H Rahman TB LT.

Drs Ismail Usman sebagai Kakanwil Agama Provinsi Sumatera Barat menggantikan Drs H Darwas. Sedangkan Drs H Abd Rahim MHum sebagai Kakanwil Sumatera Utara menggantikan Drs H Syariful Mahya Bandar MAP.

Kepala Kanwil Agama Provinsi Kepulauan Riau kini dijabat Drs H Handarlin H Umar menggantikan Drs H Razali. Sedangkan Drs HM Gazali Sayuti M.i menjabat Kanwil Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggantikan Drs H Hamka MAg. Kemudian Kakanwil Prov Kepulauan Bangka Belitung dijabat Prof Dr Hatamar MAg yang menggantikan Drs H Herman Faizuddin MH.

(T.E001/R010)