Sidoarjo (ANTARA) - Ratusan orang mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster (penguat) yang diselenggarakan oleh Polresta Sidoarjo, Jawa Timur.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro dalam keterangan pers di Sidoarjo, Kamis, mengatakan minat warga untuk mengikuti vaksinasi ini masih cukup tinggi.

"Kami membidik masyarakat yang melakukan shalat tarawih di masjid supaya bisa mengikuti vaksinasi tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya menyediakan sekitar 500 dosis untuk masing-masing vaksinasi keliling di sejumlah masjid di Kabupaten Sidoarjo, salah satunya di Masjid Baiturrahman, Jati.

Baca juga: Polresta Mojokerto percepat vaksinasi lansia di Puskesmas Jetis

“Sampai saat ini vaksin dosis ketiga di Kabupaten Sidoarjo berangsur naik menjadi 16 persen. Berbagai upaya terus kami lakukan untuk memasifkan peningkatan vaksin dosis ketiga bagi masyarakat. Karena sesuai arahan dari pemerintah, syarat diperbolehkan mudik Lebaran seluruh daerah harus mencapai 30 persen vaksin dosis ketiga,” kata Kusumo.

Sementara terkait vaksinasi ke masjid-masjid usai shalat tarawih, menurut dia, upaya ini merupakan upaya bersama dengan Forkopimda Sidoarjo. Selama bulan Ramadhan, vaksinasi di Kabupaten Sidoarjo dilakukan usai shalat tarawih. Selanjutnya vaksinasi di masjid juga menyasar wilayah perdesaan.

Baca juga: Polresta Surakarta sediakan 200 dosis vaksin penguat selama Ramadhan

“Harapannya saat pagi sampai sore, masyarakat tetap dapat lancar menjalankan ibadah puasa. Lalu malamnya setelah berbuka puasa dan shalat tarawih bagi yang belum divaksin, khususnya dosis ketiga, dapat melakukannya. Sehingga kita semua sehat dan nanti saat mudik lebih tenang," katanya.

Takmir Masjid Baiturrahman, Jati, Ahmad Nadir mengatakan vaksinasi bersama Polresta Sidoarjo dan pemerintah merupakan ikhtiar agar masyarakat khususnya jamaah masjid senantiasa sehat dan pelaksanaan ibadah selama Ramadhan diberi kelancaran dan terhindar dari penyebaran virus COVID-19.

Baca juga: Polrestro Jaktim gelar vaksinasi COVID-19 malam hari di masjid-masjid

"Sebagian besar dari mereka adalah warga yang nanti saat lebaran akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Harapannya dapat merayakan lebaran di kampung halaman dengan sehat, serta jamaah Masjid Baiturrahman juga sehat," katanya.