Jakarta (ANTARA) - Induk Koperasi Wanita Indonesia (Inkowapi) dan Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) bersama Pusat Koperasi Wanita Indonesia (Puskowapi) DKI Jakarta menggelar
pasar murah bahan kebutuhan pokok masyarakat di 44 kelurahan wilayah Jakarta.

Ketua Umum Inkowapi Sharmila di Jakarta, Selasa mengatakan pasar murah yang digelar selama 4-30 April 2022 itu sebagai respon atas kenaikan harga berbagai macam bahan kebutuhan pokok, terutama minyak goreng di bulan Ramadhan saat ini.

"Selain itu kami juga ingin membuktikan bahwa sembako murah bisa didapat asalkan kita bisa memotong rantai pendistribusian sembako," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Sharmila yang juga founder Sahara itu mengungkapkan, mekanisme pembelian bahan kebutuhan pokok dalam bazar kali ini adalah dengan menggunakan kupon yang terdiri dari tiga paket. Paket 1 seharga Rp65 ribu, paket 2 seharga Rp100 ribu, sedangkan paket 3 seharga Rp150 ribu.

"Jika kita membeli salah satu paket ini, maka berhak untuk membeli 1 pouch minyak goreng seharga Rp20 ribu," katanya.

Menurut dia, pasar murah bahan kebutuhan pokok tersebut tidak hanya dilaksanakan di propinsi DKI Jakarta, tetapi juga di 34 propinsi di Indonesia, di antaranya yang sudah berlangsung di Jambi, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dikatakannya, dalam kegiatan pasar murah tersebut pihaknya menyatakan mampu menjual komoditas pangan dengan harga lebih rendah dibandingkan harga di pasaran, misalnya kalau di pasaran harga minyak goreng mencapai Rp50 ribuan per liter hanya dijual Rp40 ribuan di bazar tersebut.

"Kuncinya kami memang memotong rantai pendistribusian, sehingga harga bisa lebih murah. Kami langsung mendapatkan minyak goreng dari produsen," ujar Sharmila.

Sebelumnya dilakukan pembukaan bazar sembako murah di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat yang dihadiri Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, Ketua Umum Inkowapi sekaligus founder SAHARA, Sharmila serta Ketua Puskowapi DKI Jakarta Farah Savira.

Baca juga: Pemkot Jakpus jual minyak goreng hingga daging murah
Baca juga: Program Go Warung perkuat 2 juta warung tradisional berbasis digital
Baca juga: Perempuan Indonesia Maju gelar pasar murah jelang Ramadhan