Madrid (ANTARA News/AFP) - Lionel Messi mencetak dua gol saat Barcelona memetik kemenangan 3-0 atas Racing Santander Sabtu, sekaligus mempertahankan keunggulan satu poin juara liga Spanyol dan Eropa itu atas Real Madrid dalam klasemen sementara Liga Utama Spanyol (La Liga).

Rekan pemain internasional asal Argentina Messi, Gonzalo Higuain, sebelumnya mencetak hatrik-nya yang kedua dalam sepekan ini untuk memimpin Real Madrid melibas Real Betis 4-1 saat tim asuhan Jose Mourinho itu untuk sementara menyingkirkan Barcelona dari puncak klasemen.

Di stadion Camp Nou, dua gol Messi, yang menambah jumlah golnya hingga kini menjadi 10 pada musim ini, dan satu tandukan yang jarang terjadi oleh kapten Barca Xavi Hernandez cukup untuk merebut sejumlah poin.

Hasil tersebut tidak pernah diragukan dan Barca bisa sedikit bersantai menjelang pertandingan Liga Champions Rabu pada pertandingan kandang melawan klub Ceko Viktoria Plzen.

Namun, mereka akan bermain tanpa diperkuat oleh bek Gerard Pique yang mengalami cedera pada paha kanannya dan akan absen setidaknya dua pekan.

Ketika ditanya bagaimana dia terus memotivasi Messi, pelatih Barcelona Pep Guardiola mengatakan, "Hari ini saya tidak mengatakan apa pun kepadanya -- saya hanya memberinya kaus dan memberitahunya agar dia pergi keluar dan bermain."

Barcelona hanya memerlukan waktu delapan menit untuk membobol gawang Racing Santander.

Sementara itu Higuain yang juga mencetak tiga gol bagi timnas Argentina saat menang lawan Chile dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia pekan lalu, kembali mencetak hatrik-nya untuk kedua kali berturut-turut dalam pertandingan liga Spanyol bersama Real Madrid.

Namun kendati Higuain sudah mencetak banyak gol, pelatih Real Madrid Jose Mourinho bersikeras bahwa pemain internasional Prancis l Karim Benzema juga menjadi pertimbangannya saat dia menyusun para pemain utama.

"Higuain bermain lebih baik dari sebelumnya dan antara dia dan Benzema sulit untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemain pengganti dan siapa yang bermain," ujar Mourinho.

"Karim akhirnya saya tidak turunkan dan duduk di bangku cadangan karena kami memerlukannya. mereka adalah dua pemain depan yang sangat berbeda dengan satu hal yang sama -- yaitu mereka sama-sama mencetak banyak gol," ujar Mourinho.

Pada pertandingan akhir liga Spanyol Sabtu, Atletico Madrid kehilangan peluang meraih banyak poin saat pertandingan berlangsung imbang tanpa gol.

(A016/A014)