Jakarta (ANTARA News) - Pengguna Blackberry segera bisa berbagi kontak, dokumen, URL, foto, dan konten multimedia cukup dengan tapping. Fitur baru bernama Blackberry Tag tersebut akan disertakan disertakan pada update sistem operasi Blackberry 7.

Co-CEO Research In Motion Jim Balsillie memperkenalkan Blackberry Tag dalam presentasi pembukaan konferensi GITEX di Dubai awal pekan ini.

Blackberry Tag juga membuat pengguna dengan mudah menambahkan teman-teman pada kontak BBM (Blackberry Messenger).

“Blackberry Tag merupakan fitur inovatif dan menarik yang akan menjadikan kegiatan berbagi informasi kontak dan konten multimedia menjadi lebih mudah dan lancar,” ujar Jim Balsillie seperti dikutip siaran pers RIM.

Blackberry Tag memanfaatkan teknologi Near Field Communications (NFC) pada seri Bold 9900/9930 dan Curve 9350/9360/9370. Jajaran smartphone tersebut merupakan smartphone Blackberry pertama yang mendukung fitur Blackberry Tag ini.


RIM juga mengumumkan rencana untuk membuka akses untuk Blackberry Tag melalui API (application programming interface) platform Blackberry. Rencana ini akan memungkinkan para pengembang software untuk memanfaatkan fungsi tap to share dalam berbagai aplikasi buatan mereka.