Jakarta (ANTARA News)- Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, mengatakan persiapan penyelenggaraan SEA Games yang akan berlangsung pada 7-11 November 2011 sudah mencapai 100 persen.

"Persiapan sudah mencapai seratus persen. Di Jakarta sudah selesai semua, kecuali di Cipule, tinggal "finishing touch"," kata Menpora di Jakarta, Senin.

Begitu juga untuk persiapan di Palembang, yang juga hampir selesai. Bahkan, Menpora akan mengecek langsung kesiapan SEA Games di Palembang, Rabu mendatang.

"Kemenpora sendiri telah menurunkan tim yang akan mengecek semua persiapan SEA Games ini," lanjut dia.
Dia mengatakan semua persiapan untuk penyelenggaraan SEA Games dipercepat.

"Saya optimis pelaksanaan SEA Games dapat berlangsung tepat waktu," katanya.

Kesiapan Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga yang diikuti para atlet dari 10 negara anggota ASEAN dan Timor Leste itu sempat disoroti media massa nasional karena adanya sebagian "venue" di Sumatera Selatan yang belum selesai dan juga mencuatnya kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games yang menyeret Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat.

SEA Games ke-26 Palembang-Jakarta akan diikuti para atlet dari Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam dan Timor Leste.

Rencananya, pawai obor di delapan kota akan turut memeriahkan pesta olahraga Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini.
(ANT)