Madrid (ANTARA News/AFP) - Lionel Messi menargetkan menoreh rekor Barcelona, yang bertahan selama lebih dari 50 tahun, dan klub juara Eropa itu juga berusaha memuncaki klasemen kompetisi La Liga, Minggu mendatang.

Juara bertahan Barcelona sudah mencetak 22 gol dalam lima pertandingan liga dari tiga kali menang dan dua kali seri.

Messi berada dalam performa puncaknya dengan mengoleksi delapan gol.

Hatrik yang diciptakannya ketika timnya menang 5-0 atas Atletico Madrid serta dua gol lainnya ketika timnya menang 5-0 dalam laga Liga Champions atas BATE Borisov, membuat catatan golnya dalam karir di Barcelona menjadi 194, sama dengan yang diciptakan pemain legenda dari Hungaria, Laszlo Kubala.

Ada lagi yang paling memungkinkan baginya untuk mencoptakan rekor panjang, yaitu, ia masih berusia 24 tahun.

Ketika timnya sedang bersiap melawan Sporting Gijon, Minggu, ia bertujuan mendekati rekor 235 gol yang disandang Cesar Rodriguez antara 1939 hingga 1955.

"Saya amat gembira dapat menyamai rekor seseorang yang amat penting di dalam klub. Saya mencoba tampil terbaik dalam setiap pertandingan sampai kami mendapatkan piala," kata Messi.

"Saya ingin memengimbagi rekor Kubala tapi bukan berarti saya harus mencetak dua gol dalam tiap pertandingan. Tugas saya adalah bermain sebaik mungkin dan yang paling dekat melawan Sporting, sebelum rekat laga internasional," katanya.

"Saya gembira dengan penampilan saya pada awal musim ini dan saya yakin tim kami akan masuk dalam catatan sejarah seperti juga diri saya," katanya.

Real Madrid, yang berada di urutan kelima dalam klasemen sementara, setelah mendapat satu angka dari dua pertandingan, menggebrak angka 6-2 atas Rayo Vallecano kemudian menggasak Ajax 3-0 dalam kompetisi Liga Champions.

Mereka akan berkunjung ke Espanyol dengan tidak didukung Kaka yang sedang beristirahat karena cedera panjang.

Real Betis mengejutkan berada di puncak klasemen tapi mereka kalah pada laga terakhir ketika berkunjung ke Getafe dan akan melawan Levante yang juga tampil tidak terduga, kini duduk di urutan ketiga.

Dengan pengeluaran dana banyak, Malaga tampil seperti yang diharapkan dan pada laga selanjutnya mereka akan bertemu dengan Getafe.

Sevilla mengalahkan Valencia minggu lalu dan selanjutnya akan bertanding lawan Atletico Madrid, tim lain yang kelihatan dapat mendapatkan tempat ke laga Liga Champions mendatang.


Jadwal pertandingan akhir minggu.

Sabtu (Kick-offs dalam waktu GMT)
Osasuna v Mallorca (1600), Villarreal v Zaragoza (1600), Racing Santander v Rayo Vallecano (1600), Valencia v Granada (1800), Malaga v Getafe (2000)

Minggu
Real Sociedad v Athletic Bilbao (1000), Real Betis v Levante (1400), Atletico Madrid v Sevilla (1600), Sporting Gijon v Barcelona (1800), Espanyol v Real Madrid (2000).


(A008/A023)