Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pada hari Rabu memerintahkan semua lembaga federal agar mengkaji kembali biaya rapat.

Hal itu dikemukakan Obama menyusul laporan bahwa Departemen Kehakiman menyajikan kue bolu seharga 16 dolar AS dalam satu rapat pada tahun 2009.

Kepala Office of Management and Budget Jack Lew menginstruksikan semua kepala lembaga agar melakukan kajian menyeluruh mengenai penggunaan uang rakyat untuk rapat.

Satu laporan oleh Office of Inspector General di Departemen Kehakiman, Selasa, menyatakan lembaga tersebut mengeluarkan 121 juta dolar untuk rapat-rapat selama dua tahun sehingga melampaui batas pengeluarannya sendiri.

Sebagian pengeluaran itu tampaknya "penghambur-hamburan dan berlebihan", demikian antara lain hasil audit tersebut.

"Kami mendapati Departemen mengeluarkan 16 dolar AS untuk setiap satu dari 250 kue bolu yang disajikan dalam pertemuan hukum pada Agustus 2009 di Washington," kata laporan itu.

Audit tersebut cuma dipusatkan pada 10 pertemuan yang diadakan selama tahun fiskal 2008 dan 2009.

Contoh lain tindakan menghambur-hamburkan uang yang dilaporkan adalah camilan sebesar 32 dolar AS per orang, brownies seharga 10 dolar AS, kopi seharga delapan dolar AS, dan pengeluaran hampir 600.000 dolar AS untuk makanan dalam pertemuan perencanaan kegiatan selama lima pertemuan.
(C003)