Surabaya (ANTARA News) - Ratusan suporter Persebaya yang tergabung dalam Bonekmania menggelar unjuk rasa di halaman depan Balai Kota Surabaya, Rabu, menuntut agar dualisme kepengurusan Persebaya segera diakhiri.

"Save our Persebaya now, Satu Surabaya untuk Satu Persebaya," kata koordinator aksi Andie Peci saat berorasi.

Para bonek tersebut mendatangi kantor wali kota sekitar pukul 11.30 WIB dengan membawa sejumlah poster dan spanduk bertuliskan tuntutan agar konflik kedua pengurus Persebaya yakni Persebaya Divisi Utama (DU) pimpinan Wishnu Wradhana dan Persebaya 1927 pimpinan Saleh Mukadar segera diakhiri.

Untuk itu, kata Andie, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera melakukan mediasi dengan memanggil para pihak yang bertikai agar konflik bisa cepet diselesaikan.

"Persebaya sejatinya milik warga Surabaya, Pemkot adalah representasi dari warga Surabaya, sehingga sudah sepantasnya pemkot punya tanggung jawab atas konflik yang sekarang menimpa Persebaya," katanya.

Paling tidak, lanjut dia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini segera mengambil alih sementara Persebaya sampai ditemukan solusi bersama atas konflik di Persebaya.

Menurut dia, kompetisi sepak bola nasional 2011/2012 akan digelar pada 8 Oktober 2011, sementara Persebaya sendiri belum melakukan persiapan apapun. "Klub-klub sepak bola daerah lain sudah sibuk mempersiapkan teamnya, sementara team Persebaya masih sibuk dengan masalah konflik internalnya," katanya.
(A052)