Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama Senin mencalonkan Alan Krueger, seorang pakar pengangguran Universitas Princeton, sebagai penasehat ekonomi utamanya karena dia merencanakan ofensi "mendesak" baru terkait krisis lapangan kerja.

Obama menggambarkan Krueger sebagai salah seorang ekonom utama Amerika yang memahami tantangan yang dihadapi negara, dengan pemulihan yang sudah terlalu suam-suam kuku untuk melakukan pemangkasan signifikan pada laju pengangguran 9,1 persen, lapor AFP.

Krueger, jika disahkan Senat, akan menjabat sebagai ketua Dewan Penasehat Ekonomi dan meneruskan wanita yang sudah lama menjadi kepercayaan Obama Austan Goolsbee, yang meninggalkan pemerintahan untuk kembali menjadi akademisi di Chicago.

Minggu depan, presiden akan menyusun sebuah rencana baru untuk menciptakan lapangan kerja dan memangkas defisit, yang diproyeksikan akan mencapai 1,6 triliun dolar tahun ini, yang pasti akan memicu badai politis baru dengan Republikan.

"Tantangan ekonomi besar kami sebagai sebuah bangsa tetap bagaimana membuat ekonomi ini tumbuh," kata Obama ketika dia tampil bersama Krueger di Taman Mawar Gedung Putih dan meninjau ulang pidato besarnya.

Presiden menjanjikan "langkah-langkah yang dapat diterima Kongres dengan segera guna memasukkan lebih banyak uang ke dalam saku keluarga kelas pekerja dan keluarga kelas menengah dan untuk membuatnya lebih mudah bagi bisnis kecil menyewa orang.

"Itulah misi kami yang mendesak dan itulah yang saya perjuangkan setiap hari," katanya.

"Harapan saya adalah kami dapat menempatkan negara mendahului partai dan melakukan sesuatu bagi rakyat Amerika. Itulah yang akan saya perjuangkan," kata Obama.

Namun, Republikan di Dewan Perwakilan Rakyat telah memberi sinyal bahwa mereka menentang sejumlah kemungkinan resep kebijakan Obama dan mengatakan cara terbaik untuk merangsang pertumbuhan adalah dengan melonggarkan kendali pemerintah atas ekonomi.

Gedung Putih mengatakan bahwa Obama tertarik untuk memangkas defisit yang melebihi mandat superkomite kongresional sekarang 1,5 triliun dolar yang ditetapkan guna merekomendasikan pengurangan pembelanjaan multi-year.

Namun Obama juga mungkin dianggap akan minta kenaikan pajak dari orang-orang Amerika terkaya, pembelanjaan infrastruktur yang menciptakan lapangan pekerjaan dan uang untuk program lapangan kerja lain yang Republikan bertekad akan memblokirnya.

The Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan penunjukan tersebut, mengatakan Krueger kemungkinan akan membuktikan sebagai penganjur aksi lebih bersama pemerintah untuk mengatasi pengangguran yang tinggi.

Dia menjabat sebagai asisten menteri keuangan untuk kebijakan ekonomi selama dua tahun pertama Obama di Gedung Putih dan juga menjabat sebagai kepala ekonom untuk Departemen Keuangan dan Departemen Tenaga Kerja AS.

Krueger juga menulis buku dengan tinjauan baik yang dinamai "Apa yang Menjadikan Seorang Teroris?" yang meneliti kondisi sosial, ekonomi dan politis yang melahirkan terorisme dan konsekuensi psikologis dan ekonomisnya.

Kaum Republikan, namun, meranjau daftar panjang publikasi artikel dan komentar Krueger untuk memperlihatkan dia dimadu untuk menaikkan pajak, menambah peraturan lingkungan dan telah salah memrediksi cakupan krisis lapangan kerja.

CEA adalah badan beranggotakan tiga orang yang menginterpretasi kondisi ekonomi yang berlaku dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk presiden.

Peran paling menonjolnya dalam beberapa bulan belakangan adalah mengomentari angka-angka pengangguran bulanan yang menunjukkan bahwa lowongan baru tidak dibuat cukup cepat dalam pemulihan lambat guna menurunkan pengangguran secara signifikan. (ANT/K004)