Sukoharjo (ANTARA News) - Sekitar 18 ribu kendaraan mobil pemudik memasuki kawasan Surakarta dan sekitarnya melalui jalur utama di wilayah Ngasem, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada H-2 Lebaran.

"Berdasarkan pantauan dan penghitungan petugas di pos pengamanan simpang tiga Ngasem sejak pukul 09.00 WIB hingga 15.00 sore ini, mobil pribadi yang melintas sekitar 50 armada setiap menitnya," kata Kepala Pos Pengamanan Simpang Tiga Ngasem, AKP Sunarto, di Sukoharjo, Minggu.

Banyaknya kendaraan yang melintas tersebut pun membuat jalur mudik dari Boyolali ke arah Surakarta melalui Sukoharjo menjadi padat merayap.

Petugas, lanjut dia, sempat menerapkan buka tutup jalur di simpang tiga Ngasem dengan mengarahkan kendaraan dari arah Boyolali ke arah jalur alternatif melalui kawasan Colomadu, Karanganyar.

Jalur alternatif melalui Colomadu tersebut juga merupakan jalur cadangan untuk menuju ke Surakarta, Sragen, Karanganyar, dan Surabaya.

Ia mengatakan jumlah kendaraan yang masuk ke Surakarta hari ini terhitung lebih banyak dibandingkan kendaraan pemudik yang melintas pada Sabtu (27/8). Sebagian besar mobil pribadi yang melintas berplat nomor kendaraan asal Jakarta dan Jawa Barat. (ANT)