Merak, Banten (ANTARA News) - Dua dari tiga kapal cepat di lintasan Merak-Bakauheni akan dioperasikan untuk atasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2011.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak pada H-3, kami akan kembali mengoperasikan dua kapal cepat yang ada," kata Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, di Merak, Provinsi Banten, Sabtu malam.

Dia menjelaskan, pengoperasian dua kapal cepat yang ada dilakukan untuk mengantispasi lonjakan penumpang yang diprediksi mengalami kenaikan lima persen.

Ia menambahkan, pada puncak arus mudik mendatang, penumpang yang akan ke Lampung diperkirakan berjumlah 115.311 orang.

"Pengoperasian dua kapal armada kapal cepat diharapkan mampu mengatasi dan mengurangi kemungkinan ada antrean panjang penumpang pejalan kaki yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya menambahkan.

Pada Lebaran tahun 2010, kata La Mane, jumlah penumpang pejalan kaki yang berhasil diangkut oleh kapal cepat pada puncak arus mudik sebanyak 509 orang.

"Dan untuk tahun 2011 ini kami memprediksi penumpang yang akan diseberangkan ke Lampung dengan menggunakan kapal cepat berjumlah 981 orang," katanya.

Armada kapal cepat di lintas Merak - Bakauheni berjumlah tiga unit.

Ketiganya adalah, Pasca Dana 2, Alle Exspress IV dan Citra Jet 02, jumlah kapasitas keseluruhan sebanyak 486 orang, dengan demikian kapasitas rata-rata perkapal berjumlah 162.

"Namun untuk angkutan Lebaran tahun ini hanya kapal cepat Alle Exspress VI dan Pasca dana 2 saja yang beroperasi, sedangkan Citra jet 02 sedang perbaikan. Dengan pengoperasian dua kapal yang ada satu kali trip atau perjalanan bisa mengangkut penumpang sebanyak 340 orang," kata La Mane.

(ANT-152/A035)