Tokyo (ANTARA News/AFP) - Euro melemah terhadap dolar dan yen di Tokyo pada perdagangan sore karena data pertumbuhan Jerman, ekonomi terbesar zona euro, mengecewakan, kata para dealer.

Ekonomi Jerman tumbuh 0,1 persen pada kuartal kedua dan ekspansi pada kuartal pertama lebih lambat dari laporan awal, demikian menurut data resmi yang diterbitkan Selasa.

Analis yang disurvei oleh Dow Jones Newswires telah memperkirakan pertumbuhan 0,4 persen untuk kuartal kedua di perekonomian utama zona euro tersebut karena klub bergulat dengan krisis utang yang melumpuhkan.

"Dinamika di ekonomi Jerman telah mendingin secara signifikan sejak mulai menguat awal tahun ini," kata kantor statistik federal (Destatis) dalam pernyataannya.

Pihaknya merevisi angka pertumbuhan kuartal pertama turun menjadi 1,3 persen dari laporan awal 1,5 persen.

Euro merosot ke 1,4381 dolar dari 1,4440 dolar di New York semalam dan menjadi 110,41 yen dari 110,95 yen setelah data dirilis.

Dolar sedikit melemah menjadi 76,74 yen dari 76,83.

Menjelang data Jerman, perdagangan tenang karena investor menunggu hasil dari pertemuan antara Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel tentang krisis utang zona euro.

Para analis mengatakan mata uang tunggal kemungkinan akan merosot lebih lanjut terhadap dolar dan yen di tengah ekspektasi pembicaraan tidak akan membawa pengumuman utama tentang obligasi bersama zona euro.

Euro sebelumnya meningkat di tengah apa yang John Kyriakopoulos dari National Australia Bank sebut "sebuah rasa gugup tenang" di sekelilng Eropa dengan imbalh hasil obligasi 10-tahun Italia dan Spanyol diperdagangkan di bawah 5,0 persenpada Senin dibandingkan dengan lebih dari 6,0 persen selama gejolak minggu lalu.

Volatilitas minggu lalu mendorong intervensi rekor pembelian obligasi dari Bank Sentral Eropa 22 miliar euro (32 miliar dolar AS) dalam upaya untuk menenangkan pasar.

Investor telah memantau dengan cemas untuk melihat apakah Sarkozy dan Merkel menyetujui rencana untuk meningkatkan kepercayaan di Eropa.

Tapi pada malam pembicaraan kedua belah pihak berbicara dengan tinggi hati untuk kemungkinan dari terobosan. Seorang juru bicara Jerman mengesampingkan pembicaraan tentang penerbitan obligasi bersama
zona euro.

Investor juga tetap fokus pada safe haven franc Swiss di tengah berlanjutnya spekulasi bahwa otoritas Swiss mungkin bekerja menuju penetapamn pematokan franc Swiss terhadap euro.

Euro diambil 1,1225 franc Swiss dari 1,1324. Dolar dibeli 0,7810 franc Swiss dari 0,7844.

"Pasar tetap berkibar tentang apakah (Swiss National Bank), didukung oleh pemerintah Swiss dan perkiraan melambatnya pertumbuhan dan dengan potensi risiko deflasi kemungkinan mengembalikan beberapa keseimbangan ke pasar valas," RBC Capital Markets mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

Greenback melemah terhadap mata uang utama Asia lainnya, tergelincir menjadi 1,2020 dolar Singapura dari 1,2072 dolar Singapura pada Senin, menjadi 1.048,19 won Korea Selatan dari 1.073,28 dan menjadi 28,81 dolar Taiwan dari 28,95.

Unit ini juga jatuh menjadi 8.518,68 rupiah Indonesia dari 8.541,75 rupiah, menjadi 42,30 peso Filipina dari 42,49 peso dan menjadi 29,06 baht Thailand dari 29,89 baht.
(A026)