Tegal (ANTARA News) - Busana batik dengan model lengan menjuntai atau yang sering disebut "model kelelawar" kini tengah menjadi tren di kalangan penyuka batik.

Seorang pedagang batik di Pasar Pagi Kota Tegal,, Endang (45), mengatakan penjualan beragam busana batik, terutama model kelelawar meningkat lebih dari 100 persen sejak awal Ramadhan 1432 Hijriah.

"Sebelum Ramadhan sehari rata-rata terjual 15-20 potong, namun sejak memasuki Ramadhan penjualan sehari mencapai 30-40 potong, bahkan pada Sabtu dan Minggu lebih dari 50 potong potong," katanya.

Menurut dia, busana berbahan katun dengan motif batik khas pesisir tersebut saat ini paling diminati kaum ibu muda, para pembeli sering menyebutnya dengan istilah model kelelawar karena bentuk lengan pakaian tersebut panjang dan lebar seperti sayap kelelawar.

"Motif batik cap dengan aneka warna pilihan pada pakaian model kelelawar tersebut semakin menarik para wanita untuk mengenakannya, karena selain dapat dipadukan dengan kerudung, atasan batik tersebut juga cocok dikenakan untuk acara resmi ataupun santai," katanya.

Ia menjelaskan, harga baju atasan model kelelawar dengan motif batik dominan flora tersebut ditawarkan dengan harga Rp80.000-Rp100.000 per potong, tergantung ukuran besar, sedang, atau kecil.

Kusni (50), pedagang pakaian di Tegal Gubuk Komplek Pasar Pagi, mengatakan, sejak dua pekan terakhir penjualan busana muslim serta perlengkapannya terus meningkat, khususnya atasan muslimah model kelelawar.

Menurut dia, bahan yang digunakan lembut dan tidak panas saat dikenakan, serta modelnya yang sederhana tidak terlalu banyak pernak-pernik sehingga pakaian batik buatan para perajin Buaran Pekalongan tersebut selama ramadhan tahun ini banyak diminati pembeli.

"Jika hari-hari biasa, paling banyak sehari menjual 15 lusin, namun sejak Ramadhan penjualan meningkat tajam, rata-rata sehari menjual lebih dari 30 lusin," kata pedagang grosiran tersebut.

Retno (30), salah satu pembeli di Tegal Gubuk Kompleks Pasar Pagi, mengaku tertarik membeli busana model kelelawar karena selain modelnya sederhana, motif batik yang tidak terlalu ramai serta warnanya yang tidak mencolok, harga busana muslimah yang sedang popular tersebut juga tidak terlalu mahal.

"Selain harganya standar, model kelelawar juga nyaman saat dipakai dan cocok dikenakan saat Shalat Id atau acara resmi lainnya," katanya. (ANT)