Beijing (ANTARA News/Xinhua-0ANA) - Pusat Meteorologi Nasional (NMC) China Sabtu meramalkan bahwa badai hujan akan menerjang China utara sementara cuaca panas terik akan menyengat wilayah selatan dalam beberapa hari mendatang.

Hujan lebat diperkirakan mengguyur di bagian tenggara Daerah Otonom Mongolia Dalam, bagian utara China utara dan bagian barat China timur laut dalam lima hari mendatang, dengan badai, angin topan yang akan menghantam berkali-kali, kata NMC.

Badan cuaca juga memperkirakan suhu melonjak di atas 35 derajat Celcius selama tiga hari mendatang di Cekungan Sichuan, Kota Chongqing, Provinsi Guizhou, Propinsi Hubei, sebagian besar wilayah selatan Sungai Yangtze dan China selatan.

Di antara daerah-daerah, Cekungan Sichuan dan Kotapraja Chongqing diperkirakan akan melihat kenaikan suhu menjadi 38 atau 39 derajat Celcius pada siang hari.

NMC mendesak masyarakat di daerah itu untuk membatalkan kegiatan di luar rumah di sore hari saat suhu tertinggi dan menyarankan para pekerja di luar gedung untuk melindungi diri dari sengatan panas.

NMC juga memperingatkan risiko kebakaran dipicu oleh beban berlebihan pada listrik.(H-AK)