Jakarta (ANTARA News) - Ini peristiwa lumayan langka, saat mantan wakil presiden Jusuf Kalla dan Presiden Susilo Yudhoyono sempat bertemu langsung, bahkan berbincang-bincang empat mata. Tempatnya di Istana Merdeka seusai upacara penganugerahan tanda jasa, Jumat.

Menurut Kalla, perbincangan tersebut membahas banyak hal termasuk berbagai peristiwa terkini.

"Kami berbincang-bincang banyak hal," ujar Kalla yang mendampingi istrinya, Mufidah, yang dianugerahi Bintang Jasa Adipradana Republik Indonesia.

Upacara penganugerahan bintang kehormatan itu juga menjadi ajang di mana mantan presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, dan mantan wakilnya, Hamzah Haz, berkumpul.

Akan tetapi, Yudhoyono tidak terlihat berbincang-bincang dengan Megawati; hanya bersalaman sekejap saja.

Presiden Yudhoyono, menurut Kalla, juga berkonsultasi dengannya dalam kapasitas sebagai teman. "Ya, sebagai teman khan begitu," ujarnya.

Menurut Kalla, perbincangan tersebut, antara lain, menyangkut bidang hukum. "Kami bicara masalah-masalah hukum saja," katanya.

Kalla yang saat ini menjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pertemuan tersebut tak lupa mengundang Presiden Yudhoyono untuk menghadiri acara PMI pada 12 November 2011. (D013)