Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama akan menambah dua loket penumpang pejalan kaki pada arus mudik lebaran 1432 H.

"Loket penumpang saat ini ada empat, dan nanti pada arus mudik lebaran nanti dua loket cadangan akan kami fungsikan," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, Sabtu.

Loket cadangan yang ada tersebut kata La Mane, akan ditempatkan di sebelah kanan loket penumpang yang sebelumnya sudah ada di dalam pelabuhan. "Loket cadangan itu sudah ada sejak dulu, dan biasanya loket tersebut akan difungsikan jika loket yang ada terjadi antrean panjang," katanya menjelaskan.

Pemanfaatan loket cadangan itu kata La Mane akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. "Kalau yang sudah-sudah loket cadangan dioperasikan pada H-4," katanya.

Namun karena peningkatan arus mudik untuk pejalan kaki tahun ini sebanyak 10 persen, pihaknya akan menambahkan loket pembantu. "Loket pembantu tambahan ini akan kita sesuaikan penambahannya, kalau satu cukup kita tambah satu, tapi kalau merasa kurang, maksimal dua loket pembantu tambahan," katanya.

Namun penambahan loket tambahan yang dimungkinkan dilakukan oleh ASDP Merak masih mengalami kendala, lantaran tempat untuk loket pembantu tidak dimungkinkan.

"Kalau untuk loket pembantu, kami belum pastikan, karena lokasinya belum ditemukan yang tepat, tetapi loket pembantu tambahan akan disiapkan jika memungkinkan untuk dibuka. Dan tempatnya mungkin tak jauh dari loket cadangan," katanya menjelaskan.

Upaya pengadaan loket pembantu tambahan masih menurut La Mane, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pemudik. "Kami berikan pelayanan yang tebaik kepada pemudik agar masyarakat yang ada dapat berlebaran di kampung halamanya sesuai dengan harapan," katanya.(*)

(ANT-152/B013)