Cilegon (ANTARA News) - Timnas asuhan Wim Rijsbergen batal melakukan latihan di pantai yang diharapkan mampu meningkatkan ketahanan fisik pemain sebelum turun pada Pra Piala Dunia 2014 putaran tiga melawan Iran, 2 September 2011.

Fisioterapis timnas Mathias Ibo di Cilegon, Banten, Sabtu, mengatakan, dibatalkannya latihan di pantai karena jarak dengan lokasi latihan saat ini, yaitu di Stadion Krakatau Steel cukup jauh dan membutuhkan waktu yang banyak.

"Ke pantai sekitar satu jam. Apalagi jalannya rusak. Jadi latihan di pantai dibatalkan," katanya di sela latihan timnas di Stadion Krakatau Steel Cilegon, Banten.

Untuk mengganti latihan di pantai, kata dia, pelatih akan memaksimalkan materi latihan yang sebelumnya telah terprogram. Selain itu juga akan mendatangkan pelatih fisik asal Belanda.

Sesuai dengan rencana, pelatih fisik asal Belanda yang diharapkan mampu meningkatkan stamina Firman Utina dan kawan-kawan sebelum turun di pertandingan resmi akan bergabung pekan depan.

"Pemain sudah tidak ada masalah. Latihan tetap seperti biasa meski waktunya berbeda. Hanya saja saat ini terjadi kendala jika berlatih malam. Lampunya kurang," katanya menambahkan.

Mathias menjelaskan, yang perlu diperhatikan saat ini adalah masalah nutrisi. Untuk latihan selama puasa diperlukan banyak vitamin, karbohidrat serta protein agar stamina pemain tetap terjaga.

"Tinggal tunggu pelatih fisik saja. Untuk nutrisi lain akan menyesuaikan. Yang jelas pemain dalam kondisi baik," kata fisioterapis Persema Malang itu.

Sementara itu, asisten pelatih timnas Liestiadi mengaku materi latihan hari kedua masih sama dengan hari pertama, yaitu fokus pada pemulihan kondisi fisik, ball feeling dan game feeling.

"Latihan seperti biasa saja," katanya usai latihan.

Pada latihan hari kedua ini, dari 30 pemain yang panggil hanya 22 pemain saja. Bahkan satu di antaranya yaitu Ricardo Salampessy tidak mengikuti latihan karena sakit. Pemain Persipura itu hanya duduk di pinggir lapangan bersama manajer timnas Ferry Kodrat.

"Tinggal empat pemain saja yang belum datang. Untuk empat pemain lain sudah ada di hotel tapi belum ikut latihan," kata Media Officer Timnas Desy Christina.

Delapan pemain yang belum ikut latihan adalah Ahmad Bustomi, Benny Wahyudi, Kurnia Meiga, Arif Suyono, Wahyu Wiji Astanto, Oktovianus Maniani, Ian Kabes dan Boaz Salossa.(*)

(T.B016/R014)