Jakarta (ANTARA News) - Produksi mobil Indonesia bisa mencapai dua juta unit/ tahun pada 2020, kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Sudirman Mr .

"Ada wacana untuk memproduksi dua juta unit kendaraan di 2018. Tapi saya sih tidak memprediksi seperti itu, saya lebih realistis," katanya kepada ANTARA News di sela-sela pelaksanaan Indonesia International Motor Show 2011 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta akhir pekan ini.

Sudirman yang juga merupakan Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor mengatakan jika pada tahun 2013 produksi otomotif Indonesia mencapai satu juta unit, maka dua tahun berikutnya produksi bisa naik menjadi 1,5 juta unit/tahun.

"Jadi paling tidak tahun 2020 lah untuk bisa produksi dua juta unit mobil," ujarnya.

Dia mengatakan jika pasar otomotif semakin membaik target untuk memproduksi mobil dua juta unit bisa saja dipercepat.

"Masalah utama kita adalah ketergantungan bahan baku impor 100 persen. Kalau kami katakan berapa kandungan produk lokal otomotif sekarang, ya kalau berdasarkan 'local purchase' 85 persen, tapi kalau ditarik lagi ke belakang bahan bakunya masih impor," ujar dia.

Menurut Sudirman, jika dikurangi dengan masalah bahan baku maka produk lokal pada satu kendaraan masih 40 atau 45 persen saja.
(V002/A038)