Jakarta (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta kepada pemerintah untuk menaikkan anggaran kepada kementerian yang berkaitan langsung dengan kebutuhan pokok seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kehutanan.

"Pemerintah harus menambah anggaran untuk Kementerian Kehutanan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan. Pasalnya kementerian ini berkaitan dengan pangan dan saat ini kita diancam krisis pangan," kata anggota Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, selain penambahan anggaran, dana yang sudah ada harus dimaksimalkan penggunaannya sesuai dengan fungsi, target, dan sasaran.

"Dana yang ada dimaksimalkan penggunaannya sesuai fungsi, target, dan sasaran. Jangan sampai menguap. Saat ini pola pembangunan di Indonesia tidak berorientasi untuk meningkatkan kemandirian pangan," kata dia.

Selanjutnya harus diikutsertakan peran swasta, artinya pemerintah harus menstimulasi keterlibatan swasta untuk membangun dan mengembangkan kementerian tersebut.

Kebijakan yang diambil harus ada kepastian dan keleluasaan dalam membangun.

"Kalau tanpa kepastian kepada para swasta, maka swasta akan memandang tidak prospektif dan buat apa swasta berinvestasi dibidang pertanian, kehutanan, dan kelautan dan perikanan," ungkapnya.

Pagu alokasi anggaran untuk Kementerian Pertanian tahun 2011 adalah Rpl6,8 triliun, sementara Kementerian Kehutanan sebesar Rp6 triliun, dan untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebesar Rp4,9 triliun. (zul)