La Plata, Argentina (ANTARA News) - Striker veteran Diego Forlan Selasa tampil untuk ke-79 kalinya dalam laga internasional (cap), menyamai rekor pemain Uruguay, mantan penjaga gawang Rodolfo Rodriguez, ketika ia turun melawan Meksiko pada kompetisi Copa America.

Uruguay butuh kemenangan untuk maju ke perempat final dan harapan itu berada di pundak bintang Atletico Madrid itu, yang tahun lalu terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Dunia.

Mantan pemain Manchester United itu melakukan debutnya di Charruas pada 2002 pada laga persahabatan menjelang Piala Dunia melawan Arab Saudi.

Ia tampil pada babak final 2002 sebelum sebelum mengikuti turnamen musim panas di Afrika Selatan ketika ia turun tujuh kali mendukung tim negaranya.

Rodriguez, yang bermain dalam klubnya Nacional di Montevideo serta klub raksasa Brazil, Santos, membukukan rekornya itu antara 1976 sampai 1986.

Forlan (32) berharap akan menambah catatan rekornya itu bila Uruguay maju ke perempat final, serta tambahan gol sehingga dapat menyamai pemain pencetak gol terbanyak sepanjang masa Uruguay,Hector Scarone.

Scarone mencetak 31 gol antara 1920 dan 1930 serta juara Olimpiade dan dunia.
(*)