Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Syarikat Islam (SI) Rahardjo Tjakraningrat menyerukan anggotanya yang menjadi ketua DPC PPP untuk memilih Suryadharma Ali pada Muktamar PPP di Bandung, 3-4 Juli 2011.

Melalui emailnya di Jakarta, Rabu, Rahardjo beralasan bahwa selain Suryadharma, tidak ada calon lain yang pantas menduduki jabatan ketua umum partai berlambang Ka`bah tersebut.

Calon lain yang sekarang maju, menurut dia, belum sepadan dengan pengalaman Suryadharma dalam mengelola partai.

"Saya pikir, tidak ada lawan yang sepadan dengan Suryadharma. Dari calon yang ada sekarang, saya lihat yang terbaik, ya hanya dia," kata Rahardjo.

Saat ini SI tengah menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang salah satu agendanya membicarakan sikap politik SI terkait berbagai persoalan mutakhir bangsa Indonesia, termasuk Muktamar PPP.

Menurut Rahardjo, untuk menghadapi Pemilu 2014 mendatang dibutuhkan figur ketua yang berpengalaman dan kuat dalam mengelola partai. Meski sudah senior, dia melihat sosok incumbent tersebut masih sangat pantas memimpin PPP.

Mengenai calon lain, dia menganggap belum ada yang punya pengalaman sepadan dengan Menteri Agama tersebut. Dia mencontohkan kader muda PPP Ahmad Yani yang dinilainya masih terlalu muda dan belum waktunya menjadi ketua umum PPP.

"Menghadapi percaturan politik nasional seperti sekarang, dibutuhkan orang yang kuat dan mempunyai talenta sebagai pemimpin," tegasnya.

Untuk itu, dia menginstruksikan seluruh anggota SI yang menjadi kader PPP untuk mendukung penuh Suryadharma pada Muktamar nanti. Dia juga mengatakan bahwa dari ratusan cabang PPP, setidaknya ada 90 cabang yang diketuai jamaah SI.

"Saya tidak akan menginstruksikan mereka lagi. Semuanya sudah mengerti bahwa pada Muktamar nanti harus memilih Suryadharma," demikian Rahardjo.(*)

(T.D011/R010)