Jakarta (ANTARA) - Konsumsi susu sapi secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh Anda, mulai dari kandungan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang hingga kandungan vitamin D untuk menjaga kesehatan sistem imun tubuh.

Namun tidak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi reguler. Pada penderita intoleransi laktosa, misalnya, yang cenderung menghindari produk susu karena bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman di perut.

Meski demikian, penderita intoleransi laktosa tetap bisa mendapatkan manfaat gizi dari susu sapi dengan memilih produk susu yang bebas kandungan laktosa.

Baca juga: Sambut akhir pekan dengan bikin minuman boba sendiri di rumah

Baca juga: Tak perlu keluar rumah, minuman bubble tea bisa dibuat sendiri

Tangkapan layar Chef Jalen Murdiyanto saat mempraktikkan dua variasi resep minuman susu bebas laktosa pada Kamis (13/1/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Chef Jalen Murdiyanto memperkenalkan dua variasi resep minuman susu bebas laktosa yang dapat dicoba untuk siapapun, termasuk cocok untuk penderita intoleransi laktosa. Ia mempraktikkan cara membuat dua resep minuman sehat itu saat menghadiri peluncuran MilkLife Lactose Free rasa mocca pada Kamis.

Berikut adalah dua resep sehat minuman susu bebas laktosa dari Chef Jalen.

OatMilkLife Lactose Free Mocca

Menurut Chef Jalen, menu ini sangat menyehatkan dan kaya akan serat karena mengombinasikan oat dan susu, cocok untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan.

“Oat ini kan berserat sekali, ya. Oat boleh disaring boleh tidak. Kalau kita ingin seratnya lebih terasa, berarti tidak perlu disaring,” ujarnya.

Bahan:
- 45 gram oat
- 90 gram air panas
- 500 gram susu MilkLife bebas laktosa rasa mocca
- Garnish sesuai selera

Cara membuat:
1. Siapkan oat dan air panas, takarannya kira-kira satu banding dua
2. Tuang oat ke dalam wadah. Jika Anda lebih menyukai oat halus, maka Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu. Namun jika ingin serat oat lebih terasa di lidah, maka proses penyaringan tak dibutuhkan
3. Campurkan oat dengan air panas. Aduk hingga lembut, paling lama hingga 10 menit
4. Masukkan oat yang sudah lembut ke dalam blender. Tuangkan pula susu ke dalamnya. Kemudian blender kedua bahan tersebut
5. Jika Anda lebih menyukai oat yang lebih halus, maka proses blender memakan waktu sedikit lebih lama. Namun jika Anda lebih menyukai serat oat, proses blender tak perlu terlalu lama
6. Tuangkan campuran oat dan susu ke dalam gelas. Anda bisa menyajikan oatmilk dengan menambahkan es batu atau sesuai selera
7. Tambahkan garnish sesuai selera untuk mempercantik tampilan oatmilk. Menurut Chef Jalen, minuman rasa mocca juga cocok jika dipadu-padankan dengan garnish buah-buahan yang segar.
8. OatMilkLife Lactose Free Mocca siap dihidangkan.

Boba MilkLife Lactose Free Mocca

“Kebetulan ini boba-nya yang kita punya sudah instan. Tapi ada juga yang bisa buat sendiri. Kalau boba yang instan ini perlakuannya adalah siapkan air yang sudah didihkan terlebih dahulu kemudian masukkan boba-nya selama 12 menit, nanti akan muncul bentuk jelly,” kata Chef Jalen.

Ia juga mengatakan resep ini akan semakin nikmat jika dihidangkan dengan menambahkan gula karamel, terutama bagi yang menginginkan rasa lebih manis, atau sesuai selera.

Bahan:
- Boba
- 500 gram susu MilkLife bebas laktosa rasa mocca

Cara membuat:
1. Masukkan es batu ke dalam gelas secukupnya. Setelah itu masukkan boba yang sudah matang sesuai selera
2. Tuangkan susu ke dalam gelas
3. Boba MilkLife Lactose Free Mocca siap disajikan

Baca juga: Alternatif konsumsi susu bagi penderita intoleransi laktosa

Baca juga: Mengenal perbedaan antara intoleransi laktosa dan alergi susu sapi

Baca juga: Tiga resep makanan penutup untuk sambut pergantian tahun