Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan kecil makin banyak mendapat tempat di seluruh dunia, tak terkecuali negara maju, seiring harga gas yang kian tinggi.

Tapi, laporan dari suatu lembaga yang dibiayai industri asuransi menyebutkan bahwa kendaraan kecil kalah jauh dalam hal keamanan dibandingkan kendaraan kelas lain.

Insurance Institute for Highway Safety di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa tingkat kematian untuk kendaraan kecil 4 pintu adalah 72 per satu juta kendaraan untuk buatan tahun 2005-2008.

Angka ini sebenarnya sudah berkurang dibandingkan 110 per sejuta untuk model tahun 1999-2002.

"Ini adalah peringatan bagi pemerintah yang sedang merancang peraturan untuk mengharuskan pabrik kendaraan membuat kendaraan yang makin kecil dan ringan," kata juru bicara aliansi pabrik mobil di AS, Wade Newton.

"Laporan ini menjelaskan pertanyaan kenapa orang Amerika membandingkan ukuran kendaraan dan keselamatan walaupun kendaraan kecil zaman sekarang makin aman." kata Newton.

Laporan IIHS menyebutkan bahwa pengemudi kendaraan kecil hampir tiga kali lipat lebih besar risikonya untuk meninggal dalam tabrakan dibandingkan dengan keadaan jika kendaraannya terguling.

Kendali stabilitas menurut IIHS tidak terlalu banyak manfaatnya bagi kendaraan kecil.

"Data sudah jelas : makin ringan kendaraan, makin tinggi kemungkinan tewasnya pengemudi dalam tabrakan dengan kendaraan lain," kata Mukul Verma, mantan pejabat bidang keselamatan berkendara di industri otomotif.

Di AS pada tahun lalu terjual 11,5 juta kendaraan, 5,6 juta di antaranya adalah sedan dan kendaraan kecil.
(ANT/A038)