Samarinda (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura memastikan gelar juara Indonesia Super Liga (ISL) musim ini setelah mengalahkan tuan rumah Persisam putra Samarinda dengan skor 2-1 pada pertandingan di Stadion Segiri Samarinda, Rabu (8/6).

Dua gol Persipura di cetak oleh Ortisan Salosa pada menit 35` dan Titus Bonay pada menit 71', sedangkan gol tuan rumah di cetak oleh Fandi Mochtar pada menit 22'.

Tambahan tiga poin di Samarinda cukup untuk menghantarkan tim berjuluk mutiara Hitam ini sebagai puncak klasemen hingga akir kompetisi, karena dengan kumpulan poin 55 sulit bagi tim lain mengejar prestasi Persipura, sebab pesaing terdekat mereka yakni Persija maksimal hanya mendapatkan 54 poin bila sukses meraih kemenangan pada tiga pertandingan yang tersisa.

Pesta juara direbut oleh tim Persipura dengan perjuangan yang tidak mudah, karena di sepanjang pertandingan pemain Persisam tidak mau menyerah begitu saja.

Bahkan tuan rumah unggul terlebih dahulu oleh gol Fandi mochtar memanfaatkan umpan Pavel Solomin.

Mental juara memang layak disandangkan bagi anak asuh Jacksen Tiago ini, karena meski mereka tertinggal tapi semangat dan motivasi pemain Persipura tidak pernah luntur.

Persipura berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Ortisan Salosa memanfaatkan tendangan bebas di luar kotak enam belas.

Tambahan gol dan menghantarkan pesta juara Persipura di cetak oleh Titus Bonay memanfaatkan bola liar, di depan gawang, hasil tendangan Boaz Salosa yang ditepis oleh kiper Persisam.

Tanpa kesulitan Titus Bonay yang berdiri bebas melesakkan bola ke gawang Persisam, dan menghasilkan skor 2-1.

Jacksen Tiago pelatih Persipura mengaku puas dengan penampilan para pemainnya, sehingga bisa mewujudkan gelar sebelum kompetisi berakhir.

"Persisam tidak bermain jelek, namun para pemain kami bisa memanfaatkan kelengahan dan akhirnya kamipun bisa merebut gelar sebelum waktunya," jelas Jacksen.

Setelah memastikan gelar juara ISL ini, Jacken mengatakan akan berkosentrasi sepenuhnya untuk piala AFC yang sudah memasuki babak perdelapan final.

" Target kami di ISL sudah tercapai, tentunya ini memudahkan kerja saya dan tim di piala AFC, karena konsentrasi sudah tidak pecah lagi," jelas Jacksen.

Sementara itu Hendri Susilo pelatih Persisam mengaku tidak kecewa meski kalah pada pertandingan tersebut.

"Anak-anak sudah bermain bagus, dan inilah sepak bola hasilnya bisa jadi diluar dugaan, tapi saya tidak kecewa kalah dengan Persipura," jelas Hendri.

Susunan pemain persisam putra:Wawan Hendrawan(pg),Muhammad Robby, Tsimi Jaques Joel, Djayusman Triasdi, Syaful Lewanusa/Fajar Legian Siswanto 80`, Ahmad Sembiring, Iwayan Mudana/Irsyad Aras74`, Fandi Mochtar, Ronald Fagundez, Choi Dong Soo, Pavel Solomin/Julio Lopes 46`

Persipura: Ferdiansyah(Pg),Ricardo Salampessy, Yohanes Tjoe, Ortisan Salossa, Ian Louis Kabes, Christian David Uron, Stevie Bonsapia/Lukas Mandowen 71, Rahmad Rivai/David Lalli 57`, Yustinus Pae, Titus Bonay/Moses Banggo90`, Boas Salossa.

Kartu kuning Gangga Mudana 60`,Tsimi Jaques Joel 85`

(ANTARA)