Berne (ANTARA News) - Jerman mengamankan posisi setelah merangsek lawannya Azerbaijan dengan skor 3-1 sedangkan Zlatan Ibrahimovic membuat hatrik ketika memenangkan Swedia 5-0 atas Finlandia, Selasa malam, sehingga semakin membuka peluang menyusul Jerman.

"Der Panzer" kini aman menuju babak final di Polandia dan Ukraina, setelah Mario Gomez mencetak golnya yang keempat dalam tiga laga internasional, ketika mereka memenangi lagi ketujuh dalam penyisihan grup itu.

Belarus dan Bosnia masing-masing menang 2-0 atas Luxemburg dan Albania pada lagi Grup D, dimana Prancis kini terpaut hanya satu poin di puncak, sehingga peluang tim lain masih terbuka lebar.

Kepulauan Faroe menang 2-0 atas Estonia, tetapi peluang mereka nyaris tertutup karena berada di urutan terbawah dengan simpanan empat poin sedangkan Italia di puncak dengan koleksi 16 poin.

Pelatih Jerman Joachim Loew berada di antara pemain yang amat gembira dan memuji penampilan timnya, setelah mereka baru menyelesaikan kompetisi Bundesliga 24 hari lalu.

"Pemain berada pada puncak permainan mereka," katanya seusai pertandingan dan menyaksikan pelatih Berti Vogts, mantan pelatih Jerman, menderita kekalahan keempat sejak melatih Azerbaijan.

Jerman, dengan kapten Philipp Lahm sebagai pemain tertua dalam timnya berusia 27 tahun, mengalahkan Azerbaijan 6-0 pada laga sebelumnya di Grup A.

Mesut Ozil dan Gomez membuat Azerbaijan terperangah ketika gawang mereka jebol dalam waktu 11 menit pada babak pertama.

Murad Huseynov memperkecil kekalahan Azerbaijan pada menit ke-89, tetapi Andre Schuerrle membuat angka menjadi 3-1 pada pertambahan waktu.

Jerman memiliki koleksi 21 poin dari tujuh pertandingan, 10 angka di atas Belgia dan 11 poin dari Turki, yang berbeda satu pertandingan dengan pesaing lain, dan secara matematis satu-satunya tim yang berpeluang mengejar mereka.

Pemenang sembilan grup akan lolos langsung ke babak final bersama tim urutan kedua dengan rekor terbaik, sedangkan urutan kedua dari delapan grup lainnya melakukan laga playoff untuk mengisi empat tempat kosong lainnya.

Ibrahimovic, yang absen dalam kemenangan timnya 4-1 di Moldova, Jumat, karena mengalami cedera pergelangan kaki, memperagakan permainan berkelas setelah bangkit dari bangku cadangan pada menit ke-25 ketika Swedia sudah unggul lewat tendangan bebas Kim Kallstrom.

Striker jangkung itu mencetak gol dua kali dalam waktu 10 menit dan melengkapinya menjadi hatrik pada menit ke-53.

Emir Bajrami membuat gol mereka menjadi lima, sehingga Sweden, urutan kedua di Grup E dengan simpanan 15 poin dari enam pertandingan, terpaut tiga poin dari Belanda yang berada di puncak, yang mengoleksi 18 poin angka maksimum dari enam pertandingan.

Hungaria, yang beda satu pertandingan lebih banyak dari dua tim di atasnya, terpaut tiga poin di bawah dan berada di urutan ketiga, setelah menang 3-0 di San Marino.

Belarus, urutan kedua di Grup D, mengurangi angka Prancis satu poin ketika menang 2-0 atas Luxemburg, ketika pemain pengganti Sergei Kornilenko membuahkan gol dari titik penalti dan tiga menit kemudian memberi umpan kepada Anton Putilo yang mencetak angka berikutnya.

Belarus lebih banyak satu pertandingan dari Prancis, yang ditahan mereka 1-1, Jumat, dan tim urutan ketiga Bosnia, yang dua poin di bawah mereka, menang 2-0 atas Albania peda pertandingan pertama di kandang sejak hukuman internasional mereka dicaut.

Haris Medunjanin membuat Bosnia memimpin pada pertengahan babak kedua di Zenica, dan setelah pemain Albania Andi Lila dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-87, Darko Maletic mencetak gol kedua.

Estonia berharap mendapat tiga poin agar terpaut satu poin di bawah tim urutan kedua Slovenia di Grup C, dimana Italia berada di puncak.

Tapi mereka kalah 0-2 pada laga tandang ke Kepulauan Faroe, setelah Frodi Benjaminsen dan Arnbjorn Hansen mencetak gol pada masing-masing babak, sehingga niat Estonia itu tidak terkabul.
(*)