Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng resmi membuka Kongres PSSI dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat.

"Dengan momen Hari Kebangkitan Nasional diharapkan menjadi pemicu kebangkitansepak bola nasional. Mari kita buat lagi Indonesia menjadi Macan Asia atau bahkan lolos ke Piala Dunia," kata Andi Mallarangeng.

Menurut dia, hari ini merupakan hari yang bersejarah dalam semua hal termasuk sepak bola dengan membuka lembaran baru demi kejayaan sepak bola. Selain itu bisa membentuk pengurus yang kredibel.

Sebelum kongres resmi dibuka oleh Menpora, terlebih dahulu seluruh peserta kongres menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar.

Setelah itu dilanjutkan sambutan oleh Ketua Komite Normalisasi. Dalam sambutannya mantan Ketua Umum PSSI itu mengatakan bahwan Komite Normalisasi merupakan bentukan FIFA dan harus melaksanakan tiga tugas pokok yang salah satunya menggelar Kongres PSSI.

"Komite Normalisasi telah melaksanakan semua tahapan termasuk dinamikanya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dengan hal ini," katanya.

Menurut dia, pihaknya punya keyakinan bahwa kongres ini berjalan dengan aman dan menghasilkan keputusan yang akan membawa persepakbolaan nasional lebih maju.

"Siapapun yang terpilih marilah kita dukung penuh untuk memajukan sepak bola Indonesia. Jiwa sportifitas harus kita kedepankan," kata Agum Gumelar menambahkan.

Dengan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, diharapkan bisa menjadi tonggak kebangkitan persepakbolaan nasional.

Pada pembukaan Kongres PSSI yang saat ini menjadi sorotan penuh dari masyarakat Indonesia itu juga dihadiri Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo serta perwakilan dari DPR RI dan beberapa tokoh masyarakat.
Selain mereka, pada kongres ini juga dihadiri delegasi dari FIFA yaitu Direktur Pengembangan Asosiasi FIFA Thierry Regenass, Frank van Hattum serta perwakilan dari AFC Alex Sossay termasuk para pemilik suara hingga para calon. (*)