Padang (ANTARA News) - Sebanyak 225 pebalap dari luar dan dalam negeri bakal adu cepat di Tour de Singkarak (TdS) 2011, yang akan dilaksanakan 6-12 Juni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatra Barat, Burhasman Bur di Padang, Jumat, mengatakan, 225 pebalap tersebut merupakan bagian dari 15 tim dari luar negeri dan 10 tim yang berasal dari Indonesia.

Dikatakannya untuk tim luar negeri yang sudah memastikan ikut dalam TdS yang ketiga ini yakni, Malaysia, Jepang, Australia, Belanda, Taiwan, China Taipei, Philipina, dan Iran.

Sementara untuk tim dalam negeri berasal dari tim Araya Indonesia, Customs Cycling Klub, Polygon Sweet Nice, Putra Perjuangan, Tirta Cycling Team, BBC Pessel, United Bike Kencana, Nugens ISSI Jakarta, Pengprov ISSI Sumbar, Prima Utama, dan Prima Muda Indonesia.

Lebih lanjut Burhasman mengatakan, dibandingkan dengan penyelenggaraan TdS 2009 dan 2010, TdS 2011 di samping peserta lebih banyak juga rute yang dilalui juga lebih panjang yakni 760,3 kilometer.

Selain itu katanya, TdS 2011 ini kan melalui 12 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

Dikatakannya dari 12 daerah tersebut lima daerah merupakan kabupaten yakni, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten 50 Kota.

Sementara untuk tujuh Kota yang dilalui yakni Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kota Payokumbuh, dan Kota Padang Panjang.

Ia menjelaskan, pada penyelenggaraan TdS 2010 lalu hanya melibatkan 10 kabupaten/kota minus Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota.

Ia mengharapkan pada TdS 2011 ini semua daerah yang dilalui pebalap bisa menjadi tuan rumah yang baik sehingga bisa menimbulkan kesan positif terhadap peserta dan pengunjung yang ingin menyaksikan kegiatan tahunan tersebut.
(ANT)