Bogor (ANTARANews) - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menargetkan pemasangan sambungan listrik masuk desa sebanyak 3.000 sambungan baru setiap tahunnya.

"Setiap tahunnya, kami menargetkan program listrik masuk desa di rumah masyarakat sebanyak 3.000 sambungan," kata Kepala Dinas ESDM, Kabupaten Bogor, Kusparmanto, di Cibinong, Jumat.

Menurut Kusparmanto, untuk tahun ini Dinas ESDM Bogor memfokuskan program listrik masuk desa di 21 kecamatan di wilayah barat dan timur Kabupaten Bogor, karena kawasan tersebut masih banyak yang belum mendapat sambungan listrik.

"Setiap masyarakat (yang rumahnya) belum teraliri listrik akan kita sertakan dalam program listrik masuk desa ini, dengan biaya pemasangan gratis," katanya.

Kusparmanto menyebutkan bahwa target tersebut ditetapkan sejak 2007 dengan total sambungan yang telah terpasang hingga 2010 sebanyak 12.000 sambungan.

Ia juga menjelaskan bahwa berdasarkan target yang telah ditetapkan itu, masih tersisa 19.000 sambungan baru yang perlu dibuatkan.

Namun berdasarkan data dari masing-masing kecamatan yang dilakukan Dinas ESDM Bogor, terdapat 31.000 ribu sambungan listrik masuk desa yang belum terpasang di wilayah Kabupaten Bogor.

Kusparmanto mengaku heran dengan temuan data dari pihak kecamatan tersebut, sebab ia berkeyakinan program listrik masuk desa yang digulirkan sejak 2007 dengan target 3.000 sambungan setiap tahunnya menyisakan sambungan yang belum terpasang hanya 19.000 lagi saja.

"Saya juga heran, kenapa jumlahnya bertambah. Padahal di 2007 lalu, kami telah melakukan survei, dan mendapatkan angka yang sama," katanya.

Kusparmanto kembali menegaskan bahwa setiap tahun pihaknya telah menggulirkan program listrik masuk desa sebanyak 3.000 sambungan, jadi terhitung sejak 2007 hingga 2010 sudah ada 12.000 sambungan yang terpasang.

"Jika dihitung secara matematis seharusnya tinggal 19.000 rumah warga yang belum dialiri listrik, bukan 31.000," katanya.

Meski demikian Kusparmanto meyakinkan bahwa temuan tersebut tidak akan mengganggu program yang sudah bergulir. Ia juga optimis program listrik desa dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan.