Las Vegas (ANTARA News) - Manny Pacquiao memiliki bobot lebih ringan dua poun dari penantangnya Shane Mosley asal Amerika Serikat dalam acara timbang badan yang mendapat sambutan meriah dari pendukung petinju Filipina itu, menjelang pertarungan perebutan gelar kelas welter WBO Sabtu.

Pacquiao, 52-3-2 (38 KO), memiliki bobot 145 berdasar jarum timbangan pada acara disaksikan sekitar 6.5000 pendukung di Arena Garden MGM Grand Hotel, AS.

Mosley, 46-6-1 (39 KO), berbobot 147, pas dengan batas untuk naik ring di kelasnya pada tarung yang dijadwalkan berlangsung 12 ronde.

Kedua petinju itu sama-sama tersenyum di hadapan juru potret pada acara sesi pengambilan foto menjelang pertandingan, kemudian mereka saling berpelukan.

"Saya merasa amat takjub menjelang pertandingan," kata Mosley, petinju veteran berusia 39 tahun dan juara tiga divisi, "Seluruh dunia menyaksikan pertandingan nanti. Ini amat hebat."

Pacquiao, 10 kali juara dunia dalam delapan kelas, difavoritkan 6-1 memenangi pertandingan, tetapi ia tidak anggap enteng penantangnya dari Amerika itu.

"Saya percaya bahwa Shane Mosley merupakan petinju kuat. Ia petinju bagus," kata pemain dari Filipina yang kini berusia 32 tahun, "Ia sudah latihan keras menjelang tarung ini. Saya juga berlatih keras dan amat fokus pada pertandingan."

Pacquiao dan Mosley disebut-sebut sebagai duta tinju dan menolak untuk berbicara besar sebelum pertandingan, hal yang selalu dilakukan menjelang naik ring dalam cabang olahraga itu.

"Ini merupakan contoh bagus bagi pecinta tinju dan bagi semua para petinju," kata Pacquiao kepada wartawan awal minggu ini.

"Pertandingan ini menggembirakan dan sebagai contoh baik pada anak-anak yang mengidolakan petinju mereka, khususnya Mosley dan saya," katanya.

Suasana amat bergelora ketika kedua petinju berjalan menuju tempat penimbangan badan pada acara yang disiarkan televisi, sedangkan mantan petinju kondang Roberto Duran dan juara kelas welter ringan dari Inggris Amir Khan berada di antara pada pendukung itu.

Teriakan "Manny, Manny" saling bersahutan sebelum petinju itu membuka bajunya sementara Pacquiao dan Mosley sama-sama tersenyum ke arah penonton sebelum melakukan acara timbang badan.

Suasana amat bersahabat bagi kedua petinju, kendati Mosley, yang lahir dekat Pomona, Kalifornia, kelihatan memiliki pendukung lebih kecil di arena itu.

Pacquiao bertarung untuk pertama kali sejak ia memenangi angka pertandingan atas petinju Meksiko, Antonio Margarito, November lalu, merupakan laga mempertahankan gelar untuk kedelapan kalinya dalam delapan kelas.

Mosley belum naik ring sejak ia bermain imbang lawan Sergio Mora pada September lalu.

Pacquiao, dikenal sebagai salah satu petinju paling "fighter" (menyerang di atas ring) selama ini, mendapat bayaran 20 juta dolar pada laga Sabtu sedangkan lawannnya Mosley mendapat lima juta dolar.
(*)