Berlin (ANTARA News - Pelatih Jerman Joachim Loew tampil sebagai pribadi kokoh. Ia tidak begitu saja sangat mengandalkan pemain-pemain dari juara baru liga Jerman Borussia Dortmund untuk menghadapi pertandingan persahabatan melawan Uruguay yang mengulang laga Piala Dunia.

Jerman akan menjamu tim asal Amerika Selatan itu di Sinsheim, baratdaya Jerman, pada 28 Mei dalam pertandingan ulangan playoff penentuan tempat ketiga Piala Dunia tahun lalu di Afrika Selatan yang dimenangi Jerman 3-2.

Dortmund memperoleh mahkota juara Jerman pada Sabtu ketika mereka mengalahkan Nuremberg 2-0, tetapi Loew telah mengatakan ia tidak akan memilih sejumlah besar dari tim Borussia untuk melawan tim asal Amerika Selatan itu, seperti kesan yang ditulis harian Jerman Bild.

"Tidak akan ada `Borussia Deutschland` -- itu terlalu jauh," kata Loew kepada perwakilan AFP.

"Kadang-kadang akan menguntungkan memilih sekelompok pemain dari klub yang sama, tetapi mayoritas dari tim nasional sudah bersama dalam waktu yang lama dan tim saling mengenal satu sama lain dengan baik."

Keberhasilan Dortmund terjadi setelah penampilan mengesankan dari bintang-bintang muda Mario Goetze (18), Mats Hummels (22), Sven Bender (22), Kevin Grosskreutz (22), dan Marcel Schmelzer (23), yang semuanya sudah bermain bagi Jerman musim ini.

Pemain-pemain remaja Dortmund telah membuat pelatih senior terkesan selama mereka berada dalam tim Jerman musim ini.

"Mereka jelas sangat terlatih di Dortmund, baik secara teori maupun praktek, mereka prospek yang baik dan sekarang penting bagi mereka mendapat pengalaman internasional dalam Liga Champions," kata Loew.

Namun Loew mengatakan, mereka masih punya beberapa hal untuk diperkuat sebelum bisa menantang untuk mendapat tempat sebagai pilihan utama pada Euro 2012 dan Piala Dunia yang akan datang yang akan digelar di Brazil pada 2014.

"Para pemain remaja perlu meningkat lebih jauh di Dortmund, karena skala mereka akan selalu ditentukan pada turnamen-turnamen besar," katanya kepada harian Jerman Bild.

"Mereka harus membuktikan mereka bisa bermain baik pada level atas ini."

Jerman saat ini berada di puncak grup mereka pada kualifikasi Euro 2012 dan akan menghadapi Austria di Wina pada 3 Juni dan Azerbaijan di Baku pada 7 Juni.
(*)