Jakarta (ANTARA News) - Ganda putri Pelatnas Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda lolos ke babak utama setelah meraih kemenangan 21-16, 21-16, atas pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean pada babak kualifikasi Malaysia Terbuka Grand Prix Gold, Selasa.

Pada babak utama turnamen yang berlangsung di Alor Setar, Kedah, mulai Rabu (4/5), Anneke/Nitya akan mengawali langkah mereka dengan melawan unggulan keenam asal Singapura Shinta Mulia Sari/Yao Lei.

Turnamen Malaysia GP Gold yang menyediakan hadiah total 120.000 dolar AS itu adalah turnamen pembuka kualifikasi menuju Olimpiade 2012 di London.

Selain pasangan tersebut, Pelatnas Cipayung menurunkan tiga ganda putri lainnya, yang semuanya mengawali turnamen langsung pada babak utama.

Semifinalis India Grand Prix Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang menjadi unggulan keempat akan menghadapi ganda Korea Jang Ye Na/Kim Min Seo, sedangkan pasangan Della Destiara/Suci Rizky Andini bertemu pasangan Macau Wang Rong/Zhang Zhibo.

Adapun duet Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah melawan ganda Korea Jung Kyung Eun/Kim Ha Na.

"Karena lawannya cukup berat, maka target awal mereka adalah berhasil melalui babak pertama," kata pelatih ganda putri Pelatnas Aryono Miranat mengenai dua pasangan lapis keduanya, Della/Suci dan Gebby/Tiara.

"Yang penting menambah jam terbang, dengan demikian diharapkan bisa lebih cepat naik," tambah Aryono.

Sementara itu, dua pemain tunggal Indonesia, Taufik Hidayat dan Simon Santoso menarik diri dari turnamen pertama kualifikasi Olimpiade tersebut.

Posisi Taufik yang sedianya menjadi unggulan kedua digantikan oleh pemain tuan rumah Zulfadli Zulkifli yang mendapat promosi dari babak kualifikasi, sedangkan tempat Simon yang menjadi unggulan kelima diisi pemain Malaysia lainnya Soong Joo Ven.

Selain itu, ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto juga batal tampil menyusul cedera yang dialami Rijal pada semifinal India Terbuka Super Series, Sabtu (30/4) yang membuat mereka tidak mampu melanjutkan pertandingan.

"Ya mereka tidak main (di Malaysia) dan (parah atau tidak) cederanya belum tahu hasilnya, di Jakarta nanti, saya pulang baru konsultasi dengan dokter," ujar pelatih ganda campuran Richard Mainaky.(*)
(T.F005/R010)