Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) asal Provinsi Riau Lukman Edy mengatakan, Provinsi Riau telah memberikan pemasukan besar kepada negara.

"Pemasukan ke negara dari Provinsi Riau selama ini sangat besar, hampir Rp1.000 triliun, tapi reward dari negara atau pemerintah pusat tidak ada kepada Provinsi Riau," demikian dikatakan Lukman Edy usai rapat Pembentukan Forum Parlemen Riau di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, reward yang diinginkan masyarakat Riau adalah peningkatan pembangunan infrastruktur seperti transportasi, pendidikan dan kesehatan.

"Dengan peningkatan pembangunan infrastruktur, tentunya Provinsi Riau akan semakin lebih banyak memberikan pemasukan ke negara. Provinsi Riau adalah salah satu provinsi kaya tapi tidak ditunjang dengan infrastruktur yang memadai," ujar dia.

Oleh karena itulah, tambah mantan menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu, para anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sepakat untuk membentuk sebuah forum yang bertujuan untuk memperjuangkan peningkatan pembangunan di provinsi Lancang Kuning itu.

"Tujuan pembentukan Forum Parlemen Riau ini adalah memperjuangkan aspirasi dan memperkuat keadilan buat Provinsi Riau. Tidak ada keadilan buat Riau," kata anggota Komisi VI DPR RI itu.
(zul)