Jayapura (ANTARA) - Produser Eksekutif Dokudrama bertajuk "Gloria: Cahaya Papua" Hamka Handaru menyatakan Provinsi Papua sanggup menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021.

"Gloria: Cahaya Papua" merupakan dokudrama (dokumen drama) yang menceritakan kegiatan Peparnas yang memang ada dan dibuat bersamaan dengan pelaksanaan ajang empat tahunan bagi penyandang disabilitas tersebut.

"Kami ingin memberikan legalitas bahwa Papua mampu membuat sebuah kegiatan besar seperti Peparnas, mampu menjadi tuan rumah yang bisa menerima teman-teman difabel datang ke Papua, ini luar biasa, tidak semua daerah bisa seperti itu," kata Hamka di Jayapura, Senin.

Menurut Hamka, film ini juga memberi motivasi kepada masyarakat agar jangan pernah mudah menyerah di mana ini kebetulan adalah berdasarkan kisah nyata mengenai atlet yang semula non difabel kemudian mengalami kecelakaan, menjadi atlet difabel.

"Ceritanya sedih memang tetapi bisa menjadi motivasi untuk bangkit," tutur Hamka.

"Ini harusnya menjadi contoh buat yang non difabel, karena bagi para penyandang disabilitas saja mampu, maka yang lain juga harus mampu," ujarnya menambahkan.

Dia menjelaskan untuk pelaku dalam dokudrama tersebut diambil dari hasil seleksi pencarian bakat melalui instagram dan ternyata anak-anak muda Papua banyak memiliki "passion" dalam bidang ini.

"Jadi yang ingin ditonjolkan itu mengajak teman-teman di Papua yang diketahui memiliki talenta yang luar biasa dan memang kami ingin mengambil dari para 'talent' ini sehingga tidak hanya dikenal di Jayapura, tapi di seluruh Indonesia juga," katanya lagi.

Sementara itu, Koordinator Bidang Upacara Pembukaan dan Penutupan Panitia Besar Peparnas XVI Papua Mozes Maniagasi mengatakan pembuatan dokudrama "Gloria: Cahaya Papua" ini diharapkan dapat ikut menyemarakkan ajang akbar ini.

Baca juga: Kominfo dukung Iayanan informasi komunikasi publik Peparnas XVI Papua
Baca juga: Kirab api Peparnas Papua mulai berlangsung Selasa
Baca juga: Pemprov Papua beri perhatian sama bagi semua atlet