Munich (ANTARA News) - Finalis musim lalu Bayern Munich lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup E, Rabu, dengan kemenangan 3-0 atas Basel berkat dua gol dari pemain tengah Franck Ribery.

Itu adalah kemenangan Bayern yang kelima dalam laga Eropa dan tim asuhan Louis van Gaal tersebut maju ke babak sistem gugur bersama AS Roma sementara Basel berakhir di urutan ketiga dengan satu tempat dalam Liga Europa sebagai penghiburan.

"Tidak banyak tim yang berhasil memenangi lima dari pertandingan grup mereka," kata van Gaal. "Kami mencetak tiga gol, sehingga saya sangat gembira," katanya.

"Kemenangan ini juga memberi kami kepercayaan diri menghadapi pertandingan-pertandingan di depan."

Dua gol dari Ribery - golnya yang pertama bagi klubnya itu sejak April - dan gol lainnya dari bintang asal Ukraina Anatoliy Tymoshchuk, memastikan kemenangan di Munich.

Tetapi perjuangan juara Jerman itu belum berakhir.

Masih ada ujian-ujian berat di putaran 16 besar pada Februari, yang akan diundi 17 Desember di Nyon sehingga kapten Mark van Bommel tidak terlalu terkesan.

"Kami mengawali pertandingan ini dengan buruk, masih kurang gerakan dan membutuhkan banyak bola hingga Franck membuka skor," kata pemain asal Belanda itu.

"Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol, penting untuk mendapatkan percaya diri menghadapi pertandingan (Bundesliga selanjutnya) melawan St. Pauli."

Keprihatinan sudah muncul di sekitar Allianz Arena mengenai kualifikasi menuju kompetisi musim mendatang dan Bayern harus berakhir di posisi dua teratas dalam Liga Jerman untuk memastikan satu tempat di turnamen sepak bola Eropa paling bergengsi itu.

Kekalahan 0-2 mereka dari Schalke pada Liga Jerman, Sabtu, meninggalkan mereka di urutan ketujuh dalam Bundesliga dan 17 poin di bawah pemimpin klasemen Dortmund, dan van Gaal sudah mengakui bahwa jaraknya mungkin sudah terlalu jauh untuk dijembatani.

Tim asal Jerman itu sekarang sudah memenangi tujuh pertandingan kandang mereka di ajang kompetisi Eropa, tetapi tak dapat menyangkal penampilan mereka yang tidak menentu dan kalah empat kali dalam

Bundesliga musim ini.

Bayern mencetak gol ketika pemain belakang Diego Contento memenangi bola di tepi area penalti dan mengarahkannya ke Ribery yang menyarangkan hasil tendangannya pada menit ke-35.

Tim asal Jerman itu kembali menyarangkan bola beberapa saat kemudian ketika Mario Gomez melompat tinggi dan menyundulkan bola menuju pemain tengah Tymoshchuk untuk menusukkan bola ke gawang.

Tim tuan rumah memastikan kemenangan hanya lima menit memasuki babak kedua saat Thomas Mueller menemukan ruang di sayap kanan dan mengumpan Ribery untuk menyarangkan golnya yang kedua malam itu.

Seharusnya Basel setidaknya bisa mencetak gol penghiburan ketika bola yang dikuasai pemain belakang Bayern Breno dicuri oleh striker Swiss Alexandra Frei dan mengarahkannya menuju sesama pemain depan Federico Almerares, namun tendangannya terlalu tinggi.
(F005/A011/A038)