Sintang (ANTARA News) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Zulkifli HA mengatakan lembar jawaban hasil tes penerimaan calon pegawai negeri sipil setempat sudah dikirim ke Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk dikoreksi.

"Karena memang kerja sama penerimaan CPNS di Sintang melibatkan pihak ketiga yaitu UGM, jadi semua proses koreksi akan dilakukan di universitas itu," kata Zulkifli di Sintang, Senin.

Ia mengatakan lembar jawaban dari para peserta tes itu langsung dibawa ke Pontianak oleh tim dari UGM dan tidak boleh bermalam.

"Jadi begitu sampai di Pontianak, tim yang membawa lembar jawaban dari Sintang dengan dikawal polisi itu langsung berangkat ke UGM agar tidak sempat bermalam di Pontianak," jelasnya.

Sementara untuk lembar soal tes penerimaan CPNS Sintang pada Minggu (5/12) langsung dimusnahkan di halaman Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang.

"Lembar soal itu langsung dibakar dan sudah dibuatkan berita acara pemusnahannya," kata dia.

Tes penerimaan CPNS Formasi tahun 2010 Kabupaten Sintang sudah dilaksanakan Sabtu (4/12). Secara keseluruhan jumlah pelamar yang berhak mengikuti tes mencapai 2.704 dan memperebutkan 241 formasi yang disediakan Pemkab Sintang.

Zulkifli mengatakan dari total pelamar yang berhak mengikuti tes, pada hari pelaksanaan ujian hanya diikuti oleh 2.511 pelamar.

"7,14 persen pelamar atau 193 orang tidak bisa ikut dengan berbagai alasan," jelasnya.

Menurutnya, kursi pelamar 193 orang itu tidak bisa digantikan oleh orang lain karena jumlah lembar jawaban peserta tes yang akan dikoreksi disesuaikan dengan daftar kehadiran.

"Jadi tidak ada cerita yang tidak hadir tes bakal diisi oleh orang-orang tertentu, kalau yang ikut tes hanya 2.511 pelamar maka sejumlah itulah lembar jawaban yang dikoreksi," jelasnya.

Ia mengatakan pada tanggal 21 Desember semua hasil pelaksanaan tes akan diumumkan bersamaan dengan daerah lainnya.

"Kita sudah percayakan pada pihak ketiga yaitu UGM mengenai siapa saja yang lulus. Bobot penilaian dan indikator kelulusan sudah ditentukan oleh tim, yang jelas kita sudah laksanakan sesuai koridor aturan," ujarnya.

Ia mengatakan, hasil pelaksanaan tes CPNS tiap daerah di Kalbar nantinya akan didistribusikan melalui Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar. (ANT-172/K004)