London (ANTARA News) - Dimitar Berbatov menjadi pemain keempat yang mencetak lima gol dalam kompetisi Liga Utama Inggris ketika memenangkan Manchester United 7-1 atas Blackburn Rovers sekaligus mengangkat tim itu ke puncak klasemen untuk pertama kalinya musim ini.

Borussia Dortmund membukukan kemenangan ke-12 dari 14 pertandingan kompetisi Liga Jerman (Bundesliga), sedangkan di Spanyol akan terjadi aksi mendebarkan antara Barcelona melawan Real Madrid pada laga di Nou Camp, Senin, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Manchester United naik ke puncak klasemen kompetisi Liga Inggris untuk pertama kalinya musim ini, setelah menang 7-1 melawan Blackburn Rovers, lima diantara gol itu diciptakan striker dari Bulgaria Dimitar Berbatov, sehingga ia mengakhiri permainan tanda gol dalam 10 pertandingan terakhir.

Kemenangan United itu membuat mereka mengoleksi 31 poin sedangkan Chelsea, yang kalah tiga kali dalam empat laga liga mereka, bermain imbang 1-1 di Newcastle United.

Hasil seri itu membuat Chelsea baru menyimpan 29 poin, sama dengan Arsenal yang menang 4-2 di Aston Villa.

Manchester City di urutan keempat dengan simpanan 26 poin setelah bermain imbang 1-1 di Stoke City.

Dengan kemenangan West Bromwich Albion 4-1 di Everton dan Wolverhampton Wanderers mengalahkan Sunderland 3-2, sudah tercipta 41 gol dalam 10 pertandingan akhir minggu, merupakan rekor dalam laga liga, sehingga rata-rata semua 20 tim mencetak sedikitnya satu gol.

Di Prancis, Olympique Marseille merupakan tim terlama memimpin klasemen Liga Prancis (Ligue 1) kendati mereka terpaut hanya tiga poin dari tim urutan kedelapan Brest, dalam susunan klasemen yang amat rapat.

Brest, pernah di puncak klasemen dua minggu lalu, melorot lagi setelah pertandingan mereka melawan Racing Lens ditunda karena lapangan ditutupi salju.

Marseille mengalahkan Montpellier 4-0 dan memimpin dengan beda selisih gol dari Lille yang bermain imbang 1-1 lawan Girondins Bordeaux.

Di Italia, pimpinan klasemen AC Milan kehilangan poin untuk pertama kalinya dalam lima petandingan awal mereka ketika bermain imbang 1-1 di Sampdoria, setelah Giampaolo Pazzini menyamakan kedudukan gol awal lawan yang diciptakan Robinho.

Tim urutan kedua Lazio gagal mendulang angka, setelah main imbang 1-1 di kandang ketika menjamu Catania sehingga angkanya terpaut tiga poin.

Klub juara Inter Milan tujuh angka terpaut dari Milan sertah Dejan Stankovic membuat hatrik dalam kemenangan 5-2 atas Parma sehingga sedikit mengangkat tekanan atas pelatih Rafael Benitez.

Di Spanyol, gol yang diciptakan Marcos Senna, Santi Cazorla dan Nilmar membuat Villarreal menang 3-0 di kandang lawan 10 pemain Real Zaragoza, Sabtu, sehingga beda angkanya dengan tim urutan kedua Barcelona menjadi empat dalam klasemen La Liga.

Klub juara Barca menjamu pimpinan klasemen Real Madrid di Nou Camp Senin Monday (2000 GMT) dan tim urutan ketiga Villarreal memiliki kesempatan mendapatkan angka setelah menang 3-0 atas Real Zaragoza.

Di Jerman, Borussia Dortmund menggulingkan tim papan bawah Borussia Moenchengladbach 4-1 untuk mempertahankan keunggulan tujuh poin atas Mainz di puncak klasemen, setelah menoreh kemenangan ke-12 dalam 14 pertandingan liga musim ini.

Klub juara Bayern Munich naik ke urutan kelima dengan simpanan 23 poin setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan angka sama.

Hugo Almeida membuat hartik ketika memenangkan Werder Bremen 3-0 atas St Pauli sehingga mereka tidak melorot kendati ia sendiri dikeluarkan dari lapangan.

Di Portugal, pimpinan klasemen Porto ditahan imbang 1-1 pada laga tandang ketika melawan Sporting pada laga "Classico", Sabtu.

Pemain depan asal Chile Jaime Valdez membuka angka untuk Sporting pada menit ke-38 dan striker dari Kolombia Radamel Falcao menyamakan angka pada menit ke-58.

Tim urutan kedua Benfica mendapat kesempatan untuk memperpendek jarak dengan pimpinan klasemen, setelah mengalahkan Beira-Mar 3-1 pada laga tandang, kendati mereka terpaut masih delapan poin.

Pemain depan asal Paraguay Oscar Cardozo menandati penampilannya setelah cedera kaki dalam waktu panjang, dengan mencetak dua gol dan membangun serangan kepada pemain Argentine Javier Saviola untuk angka lainnya, sekaligus sebagai momen bagus penampilan pemain dari Amerika Selatan itu.

Di Belanda. Mido dan Miralem Sulejmani mencetak angka pada babak kedua sehingga Ajax Amsterdam menang 2-0 dalam laga Liga Belanda melawan t VVV Venlo, Minggu, sehingga mengakhiri main tanpa gol dalam beberapa laga kompetisi mereka.

Mido memecah kebuntuan angka pada menit k e-62 ketika ia menjalakan si kulit bundar setelah mendapat umpan dari Eyong Enoh dan delapan menit kemudian Sulejmani menjalarkan bola tidak tertangkap penjaga gawang Kevin Begois.

PSV Eindhoven tetap di puncak dengan 34 poin dari 16 pertandingan setelah Jumat menang 4-2 atas NAC Breda. Mereka unggul selisih angka dari Twente Enschede yang mengalahkan NEC Nijmegen 4-2, Sabtu. Ajax naik ke tangga ketiga dengan 31.
(ANT/A024)