Jakarta (ANTARA News) - Seorang anggota kesatuan elit Amerika Serikat, Navy SEAL, ditangkap bersama dua lainnya karena diduga menjual senapan mesin yang diselundupkan dari Irak untuk pengedar Narkoba Meksiko.

Nicholas Bickle asal San Diego, diduga menyelundupkan 80 AK47 setelah berdinas di Irak. Dia bisa membawa senjata itu ke tanah airnya karena tak ada pemeriksaan untuk pasukan khusus.

Tersangka ditangkap bersama dengan Andrew Kaufman asal Las Vegas dan Richard Paulus dari Durango, Colorado. Mereka menjual senjata kepada agen federal yang berpura-pura menjadi geng Narkoba.

Barang bukti yang disita antara lain lima pon peledak C-4, granat dan kacamata mala yang ditemukan di rumah Paulus (34), kata jaksa federal dan Biro Federal Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak (ATF) di Las Vegas dan Colorado.

"Asal dapat uang, mereka tidak peduli jika senjata itu digunakan di Meksiko atau di jalanan Las Vegas, "kata jaksa federal Drew Smith kepada Hakim George Foley Jr di Las Vegas.

Smith menyebut Bickle, (33) sebagai 'Navy SEAL jahat' . Jaksa juga menyebut terdakwa merupakan aktor dan konsultan di film Hollywood 'Transformers 3.

Bickle ditangkap pada hari Rabu dan akhir pekan ini akan diajukan ke hakim federal di San Diego. "Ini motifnya cuma serakah, "kata Smith kepada hakim.

Bickle dituduh menyelundupkan 80 pucuk senjata AK47 dari Irak atau Afghanistan, senapan mesin 7,62 mm Irak yang akan sulit atau mustahil untuk dilacak, dan pistol Ruger dari tipe yang digunakan oleh polisi militer AS.
(A038/A038/BRT)