Madrid (ANTARA News/AFP) - Mantan bintang Real Madrid Zinedine Zidane menurut rencana akan mendapat peran lebih besar dalam klub raksasa Spanyol itu, terutama selama pertandingan Liga Champions, demikian disampaikan direktur jenderal klub Jorge Valdano di Madrid, Kamis (Jumat WIB).

"Dia akan mendampingi kami selalu selama pertandingan-pertandingan Liga Champions berlangsung, dan juga di beberapa pertandingan liga," ujar Valdano kepada wartawan ketika ditanya mengenai apa peranan baru mantan pemain internasional Prancis itu di klub tersebut bersama dengan pelatih Jose Mourinho nantinya.

"Dia tidak akan duduk di bangku cadangan dan akan membantu Mourinho dalam hubungannya dengan tim pertama; bukan dalam bidang teknis, namun membagi pengalamannya dengan lebih dekat kepada pelatih dan tim itu."

Pada Kamis pagi, harian olah raga Marca memberitakan bahwa Zidane sudah menemui presiden Real Florentino Perez dan Valdano untuk menyelesaikan perannya itu dan surat kabar itu berspekulasi bahwa dia mungkin sama berada di bangku pemain cadangan bagi pertandingan Liga Champions melawan AC Milan di San Siro, Rabu.

Zidane (38) menjadi penasehat khusus Perez sejak Juni 2009. Dia pensiun dari sepak bola setelah musim kelimanya bersama dengan Real tahun 2006 dan Piala Dunia di tahun yang sama.

Pada awal bulan ini, Mourinho mengatakan seharusnya Zidane lebih dekat lagi dengan lapangan.

"Saya ingin agar dia lebih sering berada dekat saya dan mengurangi kegiatannya bersama presiden. Saya kira dia tidak ingin menjadi seorang pelatih tetapi Saya masih senang jika dia berada bersama saya," ujar pelatih Real asal Portugal itu kepada saluran televisis Prancis, TF1.(*)

(Uu.A016/B/a032/R009)