Lebak (ANTARA News) - Ketua tim Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi mengatakan, kebakaran kereta api yang parkir di Stasiun Rangkasbitung berasal dari dalam gerbong.

"Saya memastikan sumber api itu dari dalam gerbong kereta api," kata Tatang saat meninjau lokasi kebakaran di Stasiun Rangkasbitung, Kamis.

Tatang mengatakan, kunjungan ke Stasiun Rangkasbitung tersebut untuk mendukung penyelidikan Puslabfor Mabes Polri yang hingga kini masih dalam pemeriksaan.

Bangkai kereta api yang terbakar itu dipastikan sumber api dari dalam gerbong.

Apalagi, rangkaian gerbong yang berada di jalur 3,4,5 dan 6 dalam kondisi tidak berjalan.

"Sengaja atau tidak sengaja api itu dari dalam gerbong," katanya.

Dia juga mengatakan, pihaknya mendukung hasil laporan Puslabfor Mabes Polri bahwa gerbong-gerbong kereta api yang terbakar itu dipastikan sengaja dibakar.

Sebab temuan polisi ada tiga titik api di jalur 3, 4, 6, dan ditemukan arang serta bahan bakar bensin, sedangkan di jalur 5 tidak ditemukan titik api.

Menurut dia, kasus kebakaran kereta api tersebut jangan sampai terulang kembali dan perlu adanya pengamanan ketat dari pihak stasiun.

Pembakaran gerbong yang parkir di Stasiun Rangkasbitung begitu mudah karena tidak adanya pengamanan ketat. Selain itu juga kondisi stasiun terbuka dan siapapun bisa masuk ke dalam gerbong.

"Saya kira ke depan perlu adanya pengamanan ketat dari stasiun itu," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap pihak kepolisian segera mengungkap kasus kebakaran gerbong kereta api dan menangkap pelakunya.

"Saya datang ke sini hanya membantu kepolisian saja, karena saya tidak bisa menyelidiki karena kondisi kereta tidak berjalan," katanya.
(ANT/B010)