Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat Jumat malam menyambut baik keputusan negara-negara Arab untuk memberi AS sebulan lagi guna menyelamatkan pembicaraan perdamaian Timur Tengah.

"Kami mengapresiasi pernyataan dukungan Liga Arab pada upaya kami untuk menciptakan kondisi yang akan memungkinkan pembicaraan langsung itu bergerak maju," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Philip Crowley dalam satu pernyataan tertulis.

"Kami akan terus bekerja dengan pihak-pihak itu, dan semua mitra internasional kami, untuk memajukan pembicaraan ke arah penyelesaian dua negara dan mendorong pihak-pihak itu untuk melakukan tindakan yang konstruktif menuju bagian akhir (tujuan)nya," Crowley menambahkan.

Pernyataan itu datang setelah para menteri Liga Arab, yang berkumpul di Libya, mengatakan mereka akan bertemu "dalam sebulan untuk meninjau kembali alternatif-alternatif" bagi pembicaraan langsung Israel-Palestina yang diusulkan oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Komite mengenai proses perdamaian Timur Tengah itu, yang beranggotakan 13 menteri luar negeri Arab, juga mendesak Washington meneruskan upaya-upaya menghentikan sementara aktivitas permukiman Israel.

Komite itu menambahkan bahwa mereka "mendukung sikap presiden Palestina yang meminta penghentian total permukiman Israel guna memungkinkan dimulainya kembali pembicaraan langsung".(*)

AFP/S008/H-RN