Johannesburg (ANTARA News) - Spanyol dan Belanda bermain imbang 0-0 hingga akhir babak pertama pertandingan final Piala Dunia yang diwarnai dengan lima kartu kuning di Soccer City, Johannesburg, Minggu (Senin dinihari WIB).

Spanyol semula mendominasi pertadingan tersebut namun kedua tim tidak bisa membangun banyak momentum saat serangkaian permainan keras membuat wasit asal Inggris Howard Webb sibuk, demikian laporan AFP.

Spanyol kembali mencadangkan penyerang Liverpool Fernando Torres dan memilih untuk mempertahankan David Villa di pusat penyerangan mereka.

Tapi justru bek kanan Sergio Ramos yang pertama mengancam gawang Belanda saat dia menyundul bola tendangan bebas Xavi, yang memaksa penjaga gawang Maarten Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang.

Belanda mendapat peluang setelah kesalahan yang dilakukan Sergio Busquets membuat Dirk Kuyt mendapat tembakan bebas ke gawang namun upaya pemain depan Liverpool dari jarak 25 yard dapat dengan mudah diamankan Iker Casillas.

Ramos mengancam kembali saat dia melewati Kuyt di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan silang ke depan gawang, namun dapat dipantulkan oleh John Heitinga ke atas mistar gawang.

Villa melepaskan tendangan voli namun melesat ke samping jala gawang saat juara Eropa itu berupaya meraih keunggulan.

Wasit mengeluarkan kartu kuning pada Robin van Persie, Carles Puyol, Mark van Bommel, dan Ramos dalam 10 menit, kartu kuning kelima dikeluarkan pada Nigel de Jong.

Arjen Robben memaksa Casillas melakukan penyelamatan saat "injury time". (I015/K004)