Durban (ANTARA News) - Kapten Jerman Philipp Lahm tidak bisa menutupi rasa kecewanya atas kegagalan tim "Panser" merebut tiket ke final setelah dikalahkan Spanyol 1-0 Kamis (8/7) dini hari.

Jerman harus mengubur mimpi mereka untuk meraih gelar Piala Dunia (PD) yang keempat kalinya setelah bek Spanyol Carles Puyol menyarangkan gol ke gawang Manuel Neuer di babak kedua.

Kekalahan itu sekaligus mengubur ambisi Jerman untuk membalas kegagalan mereka di final Piala Eropa karena kalah dari Spanyol dengan skor yang sama.

"Malam ini sangat sulit. Kami tahu Spanyol favorit untuk menjuarai turnamen. Spanyol tim yang sangat kuat. Kami tidak bermain dengan cukup berani di babak pertama," katanya.

"Kami memiliki kesempatan di babak kedua, tetapi tidak bisa memanfaatkannya. Itu kekecewaan besar. Kami ingin melakukan banyak hal dan tidak berhasil," kata Lahm, seperti dikutip Sky Sports.

Penampilan mengesankan Lahm dan kawan-kawan di Afrika Selatan membuat mereka di favoritkan sebagai calon juara PD.

Dalam perjalanan mereka ke semi final, Jerman menyingkirkan dua tim kuat dengan skor telak. Pada babak perdelapan final tim "Panser" menggusur Inggris dengan skor 4-1. Argentina menjadi korban Jerman di perempat final dan menelan kekalahan 4-0.

Kini Jerman harus melupakan trofi PD dan harus puas dengan perebutan tempat ketiga yang akan berlangsung Sabtu (10/7) di Port Elizabeth. Mereka sudah ditunggu Uruguay yang gagal melaju ke final karena kalah dari Belanda.
(ENY/A024)