Johannesburg (ANTARA News) - Mantan pemain tim nasional Belanda, Clarence Seedorf, memuji prestasi skuad Bert van Marwijk yang berhasil mencapai Final di Piala Dunia di Afrika Selatan tetapi menurutnya De Oranye lebih banyak ditolong dewi fortuna.

"Mereka telah melakukan apa yang perlu dilakukan, meski tidak dengan cara yang mengagumkan tetapi dengan disiplin, konsentrasi, kekuatan mental, dan tidak mudah kecolongan gol," kata Seedorf seperti yang dikutip The Telegraph.

"Tidak seorang pun mengharapkan mereka melaju terus, Belanda sering tidak beruntung tetapi kali ini keberuntungan memihak mereka," Seedorf meneruskan.

"Keberuntungan adalah faktor yang sering dianggap remeh banyak orang," tegas gelandang AC Milan itu.

Lebih jauh lagi menurut pria yang juga pernah memperkuat Real Madrid itu, Belanda bahkan belum menghadapi ujian yang sebenarnya.

"Ketika bertemu Brazil (di perempat final) mereka bangkit di babak kedua, meski tidak bermain bagus, tetapi bermain tenang dan tidak membuang-buang peluang. Itu menunjukan bagaimana penampilan Belanda di turnamen ini," terang Seedorf.

"Apakah mereka akan tertantang untuk memainkan sebak pola yang menarik? Itu belum terjadi," lanjut gelandang yang turut membawa Belanda ke semi final Piala Dunia 1998.

Belanda akan menghadapi Spanyol di Final yang berlangsung di Soccer City, Johannesburg, Senin 12 Juli mendatang.
(Ber/A024)