Irene (ANTARA News) - Keberanian telah membawa Paraguay menuju perempat final Piala Dunia dan sekarang tim berjuluk La Albirroja tersebut memiliki "kesempatan sekali seumur hidup" untuk menghadapi laga berikutnya melawan Spanyol, kata pelatih Gerardo Martino, Kamis.

Paraguay menundukkan Jepang dengan adu penalti di putaran kedua, setelah berhasil memenangi Grup F dengan mengalahkan Slovakia dan menahan imbang Italia dan Selandia Baru, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Mungkin jika anda sekarang ini menganalisa, banyak tim sepak bola yang lebih baik daripada Paraguay tapi saya tidak tahu jika mereka memiliki keberanian yang sama dengan kami. Saya juga tidak tahu apakah mereka melihat momen bersejarah seperti ini sama dengan yang kami lakukan," kata Martino.

"Kami punya banyak keberanian dan menghadapi apa yang dikatakan orang sebagai peluang unik. Dalam hal ini kami tidak ada bandingannya," katanya.

Selama ini langkah Paraguay di Piala Dunia belum pernah mencapai semi final. Kemenangan melawan Spanyol nanti akan membawa La Albirroja menuju empat besar dan bertemu dengan Argentina atau Jerman.

Martino mengatakan anak-anak asuhnya sudah tampil dengan baik pada babak "knockout".

"Jika kami bermain dalam sebuah turnamen dengan 20 laga mungkin kami tidak akan berhasil. Namun karena kami bermain selama 90 atau 120 menit dengan keberanian dan menyadari bahwa kami memiliki kesempatan sekali seumur hidup, kami akan berhasil," katanya.

Penyerang Roque Santa Cruz mengatakan Paraguay sangat menikmati laga melawan tim unggulan, dan mereka akan berjuang keras untuk menghadapi Spanyol.

"Sejak awal Spanyol sudah menjadi tim favorit dan ini memberi kami motivasi ekstra," katanya.

"Kami tahu mereka punya pemain bagus dan ini mendorong kami untuk fokus pada kekuatan tim."
(S022/A024)