London (ANTARA News/AFP) - Bos Manchester United Sir Alex Ferguson mengungkapkan bahwa ia demikian prihatin atas penampilan buruk Wayne Rooney di Piala Dunia, sehingga ia menghentikan liburan musim panasnya untuk menghubungi pemain penyerang bintangnya itu.

Pelatih asal Skotlandia itu cemas bahwa harapan besar yang dibebankan kepada pemain berusia 24 tahun itu mungkin telah membuat kurang semangat tim Inggris saat bermain imbang melawan Amerika Serikat dan Aljazair pada pertandingan pembukaan di Afrika Selatan.

"Saya berbicara dengan Wayne pekan lalu dan saya hanya berkata, "Santai dan nikmati," kata Ferguson. "Saya hanya merasakan adanya ketegangan di dan seputar kamp Inggris dari apa yang saya dengar. Saya tidak menyaksikan pertandingan lawan Aljazair, tetapi saya hanya punya perasaan bahwa harapan itu mempengaruhi tim Inggris.

"Kadangkala harapan memperlemah para pemain untuk bertanding di tingkat yang memerlukan untuk lolos dari babak grup."

Ferguson mengatakan ia tidak terkejut dengan penampilan di bawah form Inggris dan Prancis di turnamen itu hingga kini.

"Musim kami di Eropa, khususnya di Inggris, keras," kata pelatih asal Skotlandia itu. "Kemudian para pemain semuanya menunaikan tugas mereka di skuad internasional tiga atau empat hari setelah musim itu berakhir dan mereka telah bersama-sama di sebagian besar waktunya, setelah suatu musim yang panjang dan keras."

"Merupakan tugas nyata untuk meminta para pemain tampil pada tingkat terbaik yang mereka dapat lakukan setelah suatu musim di Inggris.

"Jerman beristirahat panjang sejak Januari dan mereka tampaknya selalu lebih baik di Piala Dunia dibanding yang diharapkan. Bahkan meskipun mereka tidak sekuat tim-tim Jerman sebelumnya, mereka masih bisa berbuat sesuatu di Piala Dunia."

Ferguson mengakui ia dikejutkan oleh kericuhan yang melanda Prancis dan kecaman terhadap keputusan untuk menunjuk mantan pemainnya, Laurent Blanc, sebagai pelatih pengganti Raymon Domenech, menjelang turnamen tersebut.

"Saya tidak mengharapkan mereka berbuat baik, tetapi saya mengharapkan lebih baik daripada yang saya lihat," kata Ferguson. "Tampaknya banyak ketidakharmonisan di kamp itu.

"Saya berpendapat suatu persiapan yang buruk bagi pemain setelah mengetahi bahwa Domenech akan pergi dan Laurent Blanc akan masuk setelah Piala Dunia.

"Mereka mestinya membawa serta Blanc sebagai pengamat atau asisten untuk hanya melihat, dan barangkali ia mempunyai pengaruh yang menenangkan dan membawa sedikit keharmonisan pada skuad."

Ferguson merasa senang dengan penampilan pemain yang baru diboyongnya, Javier Hernandes, pada saatu Meksiko mengalahkan Prancis 2-0 dan ia mencetak gol.

"Ia bermain sangat baik," kata Ferguson. "Ia menunjukkan gerakan yang baik, cepat, dan melihat ruang ksong secara baik. Saya sangat senang dengan penampilannya," katanya.(*) (S005/R009)