Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel, seorang penggemar sepak bola, meramalkan bahwa "timnya" akan mengalahkan Australia 2-0 dalam pertandingan pembukaan mereka di Grup D Piala Dunia di Afrika Selatan, Minggu.

Dalam wawancara dengan mingguan Bild am Sonntag, Merkel, selalu menonton setiap pertandingan Jerman, ditanya tentang ramalannya untuk pertandingan Jerman melawan Australia.

"Dua kosong untuk Jerman," jawabnya, seraya menambahkan, "Saya harap tim menunjukkan keinginan untuk berjuang dan kami telah memenangi beberapa kali Piala Dunia."

Ia juga mengatakan ia "pasti" merupakan penggemar sepak bola lebih fanatik dibanding suaminya, Ilmuwan Joachim Sauer, dan ia akan merasa senang bila spion mobil pribadinya dicat dengan warna tim Jerman.

Sejak Jerman menjadi tuan ruman Piala Dunia 2006, kanselor itu selalu nonton pertandingan-pertandingan saat Jerman menjadi tuan rumah, baik di pertandingan domestik maupun internasional, dan pergi ke Wina untuk nonton final Euro 2008, meskipun ia merasa kecewa ketika Jerman dikalahkan Spanyol 0-1.

Di dalam negeri, ia menjadi "penggemar kehormatan" klub bekas Jerman Timur, Energie Cottbus, di tahun 2008, tetapi dukungannya tidak mencegah klub itu terdegradasi dari Liga Utama Jerman (Bundesliga).

Jerman tiga kali menjuarai Piala Dunia, yakni di tahun 1954, 1974, dan 1990 dan favorit kuat untuk memenangi pertandingan melawan Australia.

AFP/S005/T009