Seoul (ANTARA News) - Rakyat Korea Selatan berkumpul di berbagai tempat guna merayakan kemenangan tim mereka atas Yunani pada pertandingan pertama Piala Dunia di Afrika Selatan, Sabtu malam.

Sekitar satu juta orang berkaos merah, termasuk 200.000 orang di Seoul, memadati jalanan, stadion dan tempat-tempat terbuka lainnya Sabtu, merayakan kemenangan 2-0 mereka atas juara Euro 2004 Yunani, kata polisi.

Televisi Korae Selatan Minggu mengulang pertandingan itu diserta komentar dari berbagai pengamat sepak bola negara itu.

Para pendukung berbincang lewat internet di negara yang yakyatnya menggunakan teknologi canggih itu.

Pertandingan itu, yang disiarkan langsung di Korea Selatan, menyaksikan pertandiangan bersama di tepi-tepi jalam, di plaza, tempat parkir, bioskop, bar, kemping di tepi sungai serta tentu saja di rumah-rumah tinggal.

Dengan mengenakan jaket hujan karena gerimis turun, sekitar 50.000 orang berkumpul di plaza balai kota, menyaksikan layar raksasa yang menyiarkan pertandingan itu.

Kembang api memancar berulang kali ke langiat dari tepi Sungai Han tempat orang-orang kemping, bersorak-sorai atas kemangan tim mereka.

"Luar biasa, amat indah," kata seseorang di internet yang mengaku bernama Sharon ketika berbincang dengan rekannya dalam bahasa Korea, setelah kapten Park Ji-Sung`s mencetak gol, angka kedua yang dilahirkan tim itu pada Sabtu malam.

"Satu angka lagi saat melawan Argentina. Ayo kita kalahkan mereka," kata Park Sukwan, pengguna Yahoo Korea lainnya.

Kantor berita Yonhap, melansir agen rating TV nasional, mengatakan sekitar enam dari 10 pemilik televisi di Korea Selatan menyaksikan pertandingan itu pada Sabtu malam. (A008/A016)