Johannesburg (ANTARA News) - Menjelang Piala Dunia Afrika Selatan (Afsel) 2010 Nelson 'Madiba' Mandela kembali mendapat kehormatan untuk menerima tropi piala dunia di Johannesburg, Kamis (6/5).

Sebelumnya pada 15 Mei 2004, ketika Afsel mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2010, presiden pertama Afsel yang terpilih secara demokratis itu mengangkat tropi piala dunia dengan linangan air mata kebanggaan.

Hampir enam tahun setelah kenangan itu, sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke dan CEO Komite Penyelenggara Danny Jordaan, turut hadir ketika Mandela menerima tropi itu.

"Nelson Mandela adalah salah satu arsitek dari Piala Dunia ini," kata Valcke kepada FIFA.com.

"Madiba adalah simbol dari demokrasi baru Afrika Selatan, bagi kami tidak mungkin tropi itu sampai ke negara ini dan tidak diserahkan pertama kali kepada Mandela," imbuh Valcke.

"Mandela berharap bisa melihat 'Bafana-Bafana' menjuarai Piala Dunia," ucap Valcke. Sementara Joordan melihat melihat simbol kemanusiaan dalam diri Mandela.

"Sangat menakjubkan melihat Mandela di Zurich saat Afrika Selatan memenangkan hak menyelenggarakan Piala Dunia, sangat bahagia dengan air mata bercucuran di pipi," kenang Jordaan.

"Memang saat emosional dan penuh kebahagiaan ketika menyerahkan tropi itu kepadanya, sebuah simbol sepak bola dunia bersanding dengan simbol kemanusiaan global," Joordan melanjutkan.

Tropi Piala Dunia akan memulai dipamerkan di 38 kota di seluruh sembilan provinsi di Afrika Selatan mulai Jumat.
(Ber/A024)