Makassar (ANTARA News) - Hingga saat ini, sebanyak 12.510 Calon Haji yang berangkat melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar telah berada di Kota Makkah.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Solihin, di Makassar, Selasa, mengatakan, keseluruhan Calhaj tersebut terdiri dari 35 kloter yang telah diberangkatkan.

Saat ini, kata dia, masih terdapat satu kloter lagi yang masih berada dalam perjalanan menuju ke Kota Makkah.

"Selain berada di kota Makkah, masih terdapat pula satu kloter Calhaj yang berada di Jeddah dengan jumlah mencapai 359 orang," terangnya.

Untuk sementara ini, lanjutnya, tidak terdapat Calhaj Embarkasi Makassar yang masih berada di Madinah.

Ia mengatakan, perhitungan waktu yang digunakan untuk mencapai kota Madinah dan Mekkah adalah sama dengan perhitungan melakukan Shalat sebanyak 40 kali.

"Menurut data posisi kedatangan Calhaj Embarkasi Makassar di Arab Saudi, hingga saat ini jumlah Calhaj sudah mencapai 13.598 orang yang terdiri dari 38 kloter," terangnya.

Jika dipersentasekan, jumlah Calhaj yang sudah berada di Tanah Suci sudah mencapai 86,32 persen dari total Calhaj yang berangkat melalui Embarkasi Makassar.

Ia menambahkan, masih ada sebanyak satu kloter lagi yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci esok hari.

"Pada musim Haji tahun ini, diperkirakan jumlah Calhaj yang diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar adalah sebanyak 15.752 orang," terangnya.(*)
(ANT-103/R009)